Geliat Pameran Komunitas Bonsai Ruas Selatan, Diikuti Ratusan Peserta Dari Luar Daerah

  • Bagikan
IMG 20210619 WA0025
IMG 20210619 WA0025

Tepus, (kupass.com)–Komunitas Seniman Bonsai Ruas Selatan (Serut) menggelar pameran pohon bonsai di Rest Area Cingkrang Hills Kalurahan Tepus, Kapanewon Tepus. Event ini menghadirkan ratusan peserta dan pohon bonsai baik dari dalam maupun luar wilayah Gunungkidul.

Ketua panitia pameran Bonsai Suyidno (48) mengatakan bahwa, event tersebut diselenggarakan mulai hari Jumat 18 Juni hingga Selasa 22 Juni 2021. Menurutnya peserta pameran tidak sebatas diikuti oleh penggemar Bonsai dari lokal Gunungkidul, namun beberapa peserta ada yang berasal dari wilayah DIY lainnya seperti Kabupaten Bantul, Sleman dan Kulonprogo.

Salah satu Bonsai milik peserta
Salah satu Bonsai milik peserta

“Event ini mendapat sambutan yang positif dari para penghobi bonsai. Awalnya kami menargetkan sebanyak 250 bonsai tampil dalam ajang pameran ini, namun yang ikut total sebanyak 322 Bonsai,”katanya, Sabtu (19/06/2021).

Menurutnya ide awal kegiatan event Bonsai dilatarbelakangi oleh banyaknya pengunjung wisata yang datang ke pantai selatan. Dari situlah dia berinisiatif untuk membuat semacam tempat atau loakasi showroom yang digunakan untuk memajang Bonsai milik warga Kalurahan Tepus.

Baca Juga:  CSR HeHa Sky View Peduli, Warga Dapat Ikut Vaksin Sambil Berwisata

“Dengan adanya event ini kami berharap dapat menjadi tempat untuk mewadahi karya para seniman Bonsai khususnya yang berasal dari Kapanewon Tepus. Selain itu kegiatan ini semoga ikut andil membantu pengembangan ekonomi masyarakat,”terangnya.

Disamping melaksanakan event pameran, panitia juga menggelar kontes dan bursa atau jual beli bakalan Bonsai. Selain itu pada event ini, menjadi kesempatan untuk mengedukasi penghobi sekaligus pendongkel bakalan Bonsai.

“Kami berharap, hobi berburu Bonsai ini juga dapat diikuti dengan penanaman kembali atau budidaya dengan sistem ccangkok dan biji. Hal ini dilakukan supaya pohon bonsai tidak mengalami kepunahan,”tandasnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *