Cokelat Disebut Komoditi Terbesar Ketiga di DIY

Patuk, (kupass.com)–Dalam rangka memperingati UU Keistimewaan ke – 11 tahun Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi D.I.Y menggelar festival cokelat di kawasan Taman Teknologi Pertanian Nglanggeran Kamis, (07/09/2023).
Komoditi ini disebut merupakan yang terbesar ketiga di DIY.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY Sugeng Purwanto. Menurutnya festival ini diselenggarakan dengan tujuan untuk mengangkat potensi lokal. Cokelat disebut Sugeng menjadi favorit disegala kalangan. Bahan pembuatan cokelat menjadi komoditi menjanjikan jika diolah dengan baik.

“Cokelat menjadi komoditas perkebunan terbesar ketiga di DIY, dari petani dengan pola pikir yang sederhana dapat diolah menjadi sedemikian rupa,”terangnya.

Di DIY saat ini memiliki potensi coklat dengan luasan mencapai lebih dari 5000 hektar dan sebagian besar diantaranya di Gunungkidul.

Dikesempatan yang sama GKR Hemas mengapresiasi kegiatan yang luar biasa tersebut. Menurutnya pengembangan Komoditi coklat sangat luar biasa ini diharapkan tidak hanya sampai berhenti di tingkat Provinsi.

“Harus terus ditingkatkan,”katanya.

Festival ini dimeriahkan dengan stand dari Kelompok Tani dan Kelompok Wanita Tani yang menjual produk olahan berbahan dasar cokelat, selain itu juga dilaksanakan lomba memasak olahan berbahan dasar coklat yang diikuti siswa siswi sekolah dan kelompok wanita tani.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *