Bangun Asrama Lantai Tiga Untuk Siswa Kurang Mampu, Sekolah Ini Cetak Lulusan Siap Kerja di Dunia Industri

Peletakan Batu Pertama Pembangunan Asrama
Peletakan Batu Pertama Pembangunan Asrama

Playen, (kupass.com)–SMK Muhammadiyah 1 Playen bermetamorfosa menjadi sekolah swasta berkelas Nasional. Selama 40 tahun berdiri, sekolah ini mampu mencetak lulusan siap langsung bekerja di dunia industri.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 1 Playen Wadiyo. Sekolah yang merayakan miladnya ke 40 tahun itu kini mempunyai dua kampus megah berada di Jalan Jogja Wonosari (Kampus 1) dan Jalan Kyai Legi (Kampus 2) Padukuhan Siyono Wetan, Kalurahan Logandeng, Kapanewon Playen. Selain fasilitas gedung yang representatif, alat praktik Sekolah Kejuruan di dua kampus ini juga terbilang sangat mumpuni.

“Sesuai dengan kurikulum merdeka, merespon siswa-siswi kami setelah lulus dapat langsung bekerja. Kami juga menjaring MUO (Memorandum Of Understanding) dengan perusahaan industri,”terang Wadiyo usai acara peletakan batu pertama bangunan Asrama sekaligus perayaan Milad sekolah yang ke 40 tahun, Kamis (22/12/2022).

Secara terperinci, pria asal Kalurahan Wareng, Kapanewon Wonosari ini mengatakan bahwa, total siswa-siswi di SMK Muhammadiyah 1 Playen sejumlah 857 orang. Dari jumlah ini, sekitar 70 persen siswa yang lulus langsung bekerja di dunia industri. Sementara 15 persen lainnya tercatat melanjutkan kuliah di perguruan tinggi.

“Yang melanjutkan ini kami usahakan untuk mendapatkan beasiswa disana (Universitas). Sisanya lulusan yang berwira usaha kita berikan motivasi dalam mengembangkan usahanya,”imbuhnya.

Sekolah dibawah naungan Muhammadiyah ini juga menambah fasilitas asrama bagi siswa yang kurang mampu. Mereka akan tinggal di bangunan lantai 3 dimana rencana pembangunannya ditandai oleh peletakan batu pertama Bupati Gunungkidul Sunaryanta.

“Fasilitas sekolah bagaimana kita tingkatkan termasuk asrama ini untuk anak yang kurang mampu. Saat ini sudah ada 25 anak yang kita tampung,”imbuhnya.

Bupati Gunungkidul Sunaryanta yang berkesempatan hadir dan memberikan sambutan berharap agar SMK Muhammadiyah 1 Playen memberikan dampak positif bagi dunia pendidikan di Gunungkidul. Menurut Bupati, sekolah bisa meningkatkan Index Pembangunan Manusia (IPM) dengan mencerdaskan mereka melalui sekolah Kejuruan.

“Selamat Milad yang ke ke 40 tahun SMK Muhammadiyah 1 Playen. Semoga
Putra putri anak didik menjadi cerdas, berguna bagi bangsa dan negara,”tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *