Warga Padukuhan Ngembes Resmi Buka Lahan Agro Wisata

Bupati Bersama Jajaran
Bupati Bersama Jajaran

Patuk, (kupass.com)–Warga Padukuhan Ngembes, Kalurahan Pengkok, Kapanewon Patuk, resmi membuka lahan untuk Agro Wisata di wilayah setempat. Lahan dengan luas kurang lebih 3 hektare tersebut secara resmi dibuka oleh Bupati Sunaryanta, pada Kamis (22/12/2022).

Lurah Pengkok, Sugit, mengatakan pembukaan lahan tersebut bertujuan untuk membuat Agro wisata Winong yang ada di Padukuhan Ngembes sebagai tempat wisata yang kelak akan diminati wisawatan.
Tanah dengan luas kurang lebih 3 Hektare tersebut adalah milik warga sekitar dan akan dikonsep sebagai perkebunan buah buahan seperti Alpukat, Durian dan Jambu untuk dijadikan Agro wisata.

“Kita sudah ada perjanjian pengelolaan dengan pemilik tanah yaitu dengan bagi hasil untuk pemilik tanah 30 persen dan 70 persen untuk pengelola. Selain itu kita bekerja sama dengan UAD untuk pengadaan bibitnya,” Jelasnya.

Selain Agro wisata, tempat tersebut juga nantinya akan dibangun wisata keluarga dan permainan anak anak.

Sementara itu Bupati Gunungkidul dalam sambutannya menyampaikan, jika Kapanewon Patuk adalah salah satu Kapanewon yang akan cepat pertumbuhan ekonominya. Apalagi ditambah dibangunnya gerbang pintu masuk Gunungkidul yang sekarang sudah hampir 80%.
Selain itu di tahun 2024 juga akan terhubung exit tol Prambanan sehingga diharapkan bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat di Gunungkidul.

“Pertumbuhan ekonomi cukup bagus yaitu 5,25 persen dan angka kemiskinan juga menurun dari 17 persen menjadi 15 persen. Tentunya ini sangat menggembirakan kita mampu menurunkan angka kemiskinan hingga 2 persen. Dan ini adalah bukan hanya tugas pemerintah saja tetapi tugas kita semua,”tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *