Rusak Parah, Jalan Kabupaten Penghubung Dua Kapanewon Ini Tak Pernah Ada Perbaikan Selama Puluhan Tahun

  • Bagikan
Lokasi Kerusakan Jalan
Lokasi Kerusakan Jalan

Gedangsari, (kupass.com)–Jalan Kabupaten yang berada di Padukuhan Suru Lor, Kalurahan Hargomulyo, Kapanewon Gedangsari mengalami kerusakan yang sangat parah. Lokasi jalan strategis tersebut merupakan penghubung dua Kapanewon.

Hal ini diungkapkan oleh salah satu warga setempat bernama Suronto. Dia membeberkan bahwa jalan strategis penghubung antara Kapanewon Patuk dan Kapanewon Gedangsari ini rusak sejak puluhan tahun yang lalu. Banyak titik lokasi aspal yang mengelupas di jalan yang mempunyai panjang 1,5 kilometer ini.

“Ini jalan alternatif, dulunya setiap hari digunakan untuk melintas dari Kapanewon menuju Kapanewon Patuk begitupun sebaliknya,”katanya, Minggu (23/01/2022).

Menurut Suronto, jalan tersebut mendapatkan dilakukan pengaspalan pertama kali pada tahun 1985.
Semenjak itu pula jalan yang menghubungkan dua Kapanewon itu tidak pernah dilakukan rehabilitasi meskipun seringkali menimbulkan peristiwa kecelakaan.

“Sudah hampir 37 tahun jalan ini tidak mendapatkan bantuan, padahal ini jalan milik Kabupaten,”terangnya.

Lanjutnya, warga setempat merasa kesulitan untuk melewati lokasi lantaran kerusakan berada hampir di sepanjang jalan. Selain mengelupas, kondisi kerusakan juga berlubang

Dirinya menyebutkan hampir 5 tahun jalan ini tidak dilalui kendaraan roda empat karena memang sudah tidak bisa dilewati.
Bahkan jika warga hendak ke Kalurahan setempat menggunakan kendaraan roda empat harus memutar sejauh 4 kilometer.

Baca Juga:  Girisubo Jadi Kluster Pengembangan Wisata Sektor Timur Dan Utara

“Seharusnya jika melewati jalan tersebut cukup ditempuh setengah kilometer. Sekitar lima tahun ini tidak dilalui mobil, banyak kecelakaan motor terbalik tidak kami ekspos.
Kemarin itu ada truk terperosok karena menghindari jalan ini,”imbuhnya.

Hal senada diungkapkan oleh oleh Tugino warga Padukuhan Suri Lor, dirinya merasa kesal lantaran jalan milik Kabupaten tersebut sudah tidak diperhatikan lagi. Pihaknya berharap agar Pemda segera melakukan perbaikan sehingga lokasi jalan ini dapat digunakan kembali

“Ya harapan kami segera dilakukan perbaikan,”tandasnya.

Sementara itu Dukuh Suru Lor, Kalurahan Hargomukyo Risnayanti membenarkan bahwa jalan ini merupakan akses penting bagi warga masyarakat. Meskipun sudah dilakukan pengajuan proposal untuk perbaikan, namun hingga sampai saat ini belum ada tindak lanjut dari instansi terkait.

“Saya berharap agar pemerintah daerah memperhatikan wilayah kami khususnya perbaikan jalan ini,”imbuhnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.