Percepatan Olah Lahan Pertanian, Ratusan Kelompok Tani Gunungkidul Menerima Bantuan Alsintan

  • Bagikan
IMG 20210814 WA0005
IMG 20210814 WA0005

Wonosari (kupass.com)–Sejumlah ratusan kelompok tani (poktan) di Kabupaten Gunungkidul menerima bantuan alat mesin pertanian (Alsintan). Bantuan Alsintan yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) dan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) itu guna percepatan pengolahan lahan pertanian.

Bantuan Alsintan tersebut berupa 140 unit traktor roda dua impala dan 75 unit Kultivator bersumber dari APBD tahun 2021. Sementara bantuan Alsintan dari Kementrian Pertanian (APBN) yakni 8 traktor roda dua impala dan 10 pompa air.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY Sugeng Purwanto mengatakan, bantuan Alsintan untuk para poktan di Gunungkidul ini guna merealisasikan petani yang maju, mandiri, dan modern. Alsintan disebut Sugeng menjadi sarana prasarana pertanian yang dibutuhkan saat ini untuk percepatan olah lahan, tanam, panen, dan pengolahan hasil pertanian.

Baca Juga:  Rumah Sakit Rujukan Covid-19 Hampir Penuh, Dinas Kirim Pasien Positif Keluar Daerah

“Selain itu juga berfungsi sebagai upaya mengurangi kehilangan hasil produk pertanian khususnya komoditas tanaman pangan,”ucap Sugeng, Sabtu (14/08/2021).

Dia menambahkan bahwa Luasan lahan yang bisa dilayani Alsintan berupa tractor roda dua yakni seluas 20 sampai dengan 30 hektar. Selain itu bantuan Alsintan ini disebut Sugeng dapat digunakan sebagai UPJA (usaha pelayanan jasa alsintan) di wilayah poktan masing – masing.

“Poktan penerima merupakan bantuan ini adalah poktan yang aktif yang teregister di Dinas Pertanian. Harapan kami ini dapat dipergunakan sebaik – baiknya untuk peningkatan produksi pertanian. Seperti diketahui Gunungkidul merupakan lumbung pangan DIY dan kontributor angka produksi DIY yang signifikan,”imbuhnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *