Mudahkan Pembayaran Wajib Pajak, Aplikasi SIPAPAH Dilaunching Bupati

  • Bagikan
Lounching Aplikasi SIPAPAH
Lounching Aplikasi SIPAPAH

Playen, (kupass.com)–Bupati Gunungkidul Sunaryanta melounching Aplikasi Sistem Informasi Pengelolaan Pajak Daerah atau lebih dikenal SIPAPAH, Rabu (27/10/2021). Aplikasi ini dibuat bertujuan untuk memudahkan pembayaran pajak daerah.

Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Gunungkidul Saptoyo mengatakan, aplikasi ini digagas oleh BKAD untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah dari sektor Pajak. Lounching ini disebutnya merupakan bentuk pelayanan publik yang lebih efektif dan efisien.

“Selama ini wajib pajak kesulitan untuk perbaikan SPTT harus datang ke kami atau nitip. Ada biaya dan waktu yang terbuang. Sekarang bisa dengan online mengurus itu serta melakukan pengecekan,”kata Saptoyo usai lounching di Taman Budaya Gunungkidul Siyono Wetan, Kalurahan Logandeng, Kapanewon Playen.

Menurut Saptoyo warga masyarakat dari masing – masing rumahnya dapat mengurus pajak dengan aplikasi SIPAPAH itu. Sebelum adanya aplikasi ini, diakui Saptoyo seperti pihak Kalurahan mengalami kendala seperti waktu yang menyebabkan tidam efisien.

“Melalui aplikasi ini data juga dapat terkoneksi dengan BPN dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil). Terkait kendala sinyal masih kita komunikasikan dengan Dinas Komunikasi dan Informatika,”katanya.

Baca Juga:  Tak Bayar Pajak, Aset WP di Baleharjo Senilai Miliyaran Disita

Bupati Gunungkidul Sunaryanta dalam sambutan singkatnya mengatakan bahwa BKAD yang sudah bekerja baik harus melalukan Inovasi.
Upaya meningkatkan (PAD) di Kabupaten Gunungkidul sangat penting lantaran kontribusinya terhadap total berkisar sekitar 12 persen. Sehingga dengan demikian ketergantuangan pada dana transfer dapat terus dikurangi.

“Saya minta semua SKPD pengampu pendapatan dapat bekerja keras, kerja cerdas, dan kerja ikhlas, serta terus berinovasi untuk peningkatan pelayanan dan optimalisasi PAD,”ucap Sunaryanta.

Dia berpesan bahwa pelaku usaha usaha (wajib pajak) agar mengenakan pajak sebesar 10 persen. Dana tersebut akan sangat bermafaat bagi pembangunan dan pelayanan dasar masyarakat di Kabupaten Gunungkidul.

Usai melaunching aplikasi SIPAPAH Bupati secara simbolis Bupati kemudian menyerahkan penghargaan bagi pembayar pajak, Kapanewon dan Kalurahan lunas pajak PBB-P2.

“Kami mengucapkan selamat dan terimakasih serta memberi apresiasi yang tinggi kepada Wajib Pajak yang telah melaksanakan pemenuhan kewajiban perpajakan dengan baik dan menjadi pembayar pajak,”terangnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *