Kick Off Vaksinasi Covid-19, Sasar Anak Usia 6 Sampai 11 Tahun

  • Bagikan
Bupati Sunaryanta Memantau Vaksinasi
Bupati Sunaryanta Memantau Vaksinasi

Wonosari, (kupass.com)–Pemerintah Kabupaten Gunungkidul secara resmi melaksanakan Kick Off vaksinasi Covid-19 khusus anak dengan rentang usia 6 sampai 11 tahun, Sabtu (18/12/2021). Vaksinasi dengan menggandeng Badan Intelijen Negara (BIN) DIY ini bakal menyasar sebanyak 47 ribu lebih anak.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul Dewi Irawaty mengatakan, Kick Off vaksinasi anak ini secara serentak dilaksanakan di DIY. Kabupaten Gunungkidul sendiri dipusatkan di SD Muhammadiyah Al Mujahidin Wonosari dengan menyasar sebanyak 1.112 anak.

“Selain dari siswa SD Muhammadiyah Al Mujahidin, siswa lainnya berasal dari SD Piyaman 3 dan MI Darul Qur’an,”kata Dewi.

Kick Off vaksinasi Covid-19 ini menurut Dewi didukung oleh Kementrian Kesehatan RI, Dinkes DIY dan sejumlah stakeholder yang ada termasuk BIN. Nantinya kegiatan vaksinasi anak ini bakal dilanjutkan ke masing – masing puskesmas disetiap Kapanewon.

“Kita butuh dukungan dari Kapal Sekolah di masing – masing Kapanewon. Calonnya jenis Sinovac dan dinyatakan aman untuk anak. Kami berharap kepada orang tua agar tidak khawatir dan ragu untuk mengajak anaknya Vaksinasi Covid-19,”imbuh Dewi.

Siswa SD Divasksin Nakes
Siswa SD Divasksin Nakes

Bupati Gunungkidul Sunaryanta mengatakan pentingnya vaksinasi untuk anak ini tidak lain untuk kesehatan anak dimasa mendatang. Sunaryanta
menghimbau kepada para orang tua yang memiliki anak usia 6-11 tahun agar memperkenankan anaknya mengikuti vaksinasi. Kekebalan anak diaebutnya akan ditentukan oleh kesuksesan vaksinasi saat ini.

Baca Juga:  Pernah Tampar Warga Gegara Masalah Sepele, Dukuh Arogan Dituntut Mundur

“Kita himbau agar anak-anak bisa divaksin. Agar segera tercipta herd imunity,”jelas Sunaryanta ditemui saat memantau jalannya vaksinasi.

Sementara itu Perwakilan BIN DIY, Eko Susilo menambahkan hari terakhir penyisiran Tim “Pekan Sasar Sisir Vaksin BIN DIY bersama Dinkes Gunungkidul” dilaksanakan di kapanewon Karangmojo. Wilayah terpadat kedua di Kabupaten Gunungkidul setelah Wonosari. Sama dengan wilayah sebelumnya, target 500 sampai dengan 1000 sasaran akan disisir di wilayah yang capaian vaksinasinya di bawah angka 70 persen tersebut.

“Hari ini ‘Pekan Sasar Sisir Warga Belum Vaksin’ yang digagas Tim Mobile Vaksin BIN bersama Dinkes mengakhiri penyisiran di wilayah terpadat penduduk kedua di Kabupaten Gunungkidul, Kapanewon Karangmojo. Target sama dengan wilayah capaian rendah lainnya, 500 sampai dengan 1.000 orang,”tuturnya.

Selesai menuntaskan penyisiran warga belum vaksin, BIN bersama Pemkab Gunungkidul langsung menggelar Kick Off vaksinasi anak usia 6-11 tabun. Sebanyak 1.112 siswa diikutkan dalam program dimulainya vaksinasi anak tersebut. Kick Off vaksinasi anak usia 6-11 tahun, merupakan kerja kolaborasi BIN DIY dengan Pemkab Gunungkidul, dalam hal ini Dinas Kesehatan, Pendidikan Pemuda dan Olahraga, juga Kemenag.

“Setelah Kick Off ini, selanjutnya vaksinasi akan digelar secara rutin di setiap Puskesmas. Jika mengalami pelambatan, baru kami akan turun melkaukan percepatan,”pungkasnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.