Tingkatkan Produksi Nasional, Gunungkidul Disebut Mentan Jadi Lumbung Kedelai Pulau Jawa

Semin, (kupass.com)–Menteri Pertanian (Mentan ) Republik Indonesia Syahrul Yasin Limpo melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Gunungkidul. Kabupaten yang berbatasan dengan Jawa Tengah ini digadang menjadi lumbung kedelai di pulau Jawa.

“Gerakan tanam kedelai ini dalam rangka meningkatkan produksi nasional,” kata Mentan usai melakukan penanaman kedelai bersama warga masyarakat di Candirejo, Semin melakukan gerakan tanam kedelai, Selasa (06/05/2023).

Di Gunungkidul penaman uji coba dilaksanakan diatas lahan 1000 hektar. Kedepan tidak menutup kemungkinan luas lahan akan ditambah mencapai 5000 hektare.

“Peningkatan produksi nasional ini sekaligus upaya kita untuk menekan impor kedelai yang saat ini masih diatas 90 persen,”terang Mentan.

Dalam kesempatan ini mentan mengajak petani mengembangkan tanaman kedelai, serta mencari varietas unggulan yang sesuai dengan kondisi alam Gunungkidul. Berupaya meningkatkan harga jual kedelai sehingga masyarakat bersemangat dan masif dalam mengembangkan tanaman ini.

“Kalau harganya diatas harga jagung, pasti petani akan bersemangat mengembangkan tanaman ini,”ungkapnya.

Yasin optimis dengan berbagai upaya pendampingan peningkatan produksi kedelai akan terus meningkat. Terlebih Gunungkidul yang diharapkan mampu mendukung pengurangan impor kedelai juga berupaya mengejar target swasembada kedelai di 2026 mendatang.

“Program itu sudah menjadi arahan dari Presiden. Gunungkidul pun diharapkan bisa menjadi percontohan untuk program ketahanan pangan kedelai nasional,” katanya.

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta sangat mendung progam yang dicanangkan oleh Kementerian Pertanian terlebih total luas lahan kedelai di Gunungkidul mencapai 4.397 hektar. Sebanyak 1000 ha berada di Kapanewon Semin.

“Kita pikirkan juga pengelolaan, ada harapan peran serta petani dari hulu hingga hilir. Tahap awal akan kita coba 1000 hektar jika hasil bagus akan kita tingkatkan,”kata Bupati.

Bupati juga memaparkan kepada Mentan tentang pertumbuhan ekonomi di Gunungkidul. Pertanian dipaparkan memiliki andil besar dalam peningkatan pertumbuhan ekonomi. Sektor ini juga memiliki dampak besar bagi ketahanan pangan masyarakat bumi Handayani.

“Lahan disini memang luas, memiliki potensi besar untuk pengembangan tanaman kedelai,”terang Bupati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *