Potensi Bawang Merah Varietas Bauji Dikembangkan Secara Masif di Gunungkidul

Ponjong, (kupass.com)–Jajaran legeslatif PDI Perjuangan Provinsi dan Kabupaten Gunungkidul melaksanakan panen raya bawang merah varietas Bauji bersama Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kabupaten Gunungkidul.

Panen raya yang dilaksanakan di wilayah Kalurahan Ponjong, Kapanewon Ponjong tersebut juga menghadirkan Panewu dan sejumlah Lurah di 3 Kapanewon yakni Ponjong, Semin dan Karangmojo.

Ketua DPRD Provinsi Nuryadi mengatakan bahwa, pihaknya bersama Ketua DPRD Gunungkidul Endah Subekti Kuntariningsih dan anggota DPRD Fraksi PDI Perjuangan untuk terjun langsung ke masyarakat. Wakil rakyat disebut harus turun untuk mendengarkan aspirasi sehingga dapat membuat kebijakan yang berpihak untuk rakyat.

“Kalau tidak mendengar langsung masyarakat, seorang legeslasi yang membuat kebijakan tapi tak pernah turun itu jadi aneh. Bisa jadi hanya menghamburkan uang,”terangnya.

Bersama anggota lainnya, pilot project penanaman bawang merah varietas Bauji ini juga dilaksanakan di 8 titik Kapanewon Playen. Panen raya bawang merah saat musim hujan ini dilakukan nantinya bakal diprogramkan di 144 Kalurahan di Kabupaten Gunungkidul.

“PDI datang kesini bukan keterpaksaan tapi panggilan kesadaran kader. Kami partai sandal jepit, jika ada masyarakat bertemu kami membuka diri,”imbuhnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kabupaten Gunungkidul Rismiyadi menjelaskan bahwa, varietas Bauji ini berasal dari Kabupaten Brebes Jawa Tengah. Bibit bawang merah varietas ini per kilo dapat menghasilkan 6 kilo saat panen

“Diuji coba di Ponjong dan Playen. Nantinya akan dikembangkan lagi di seluruh Gunungkidul mengikuti anggaran kita,”terangnya.

Selain kegiatan panen bawang, Ketua DPRD DIY dan DPRD Kabupaten Gunungkidul juga melaksanakan tabur ribuan benih ikan di sumber dan juga penanaman pohon.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *