Menyuburkan Harta dengan Sedekah

  • Bagikan
Menyuburkan Harta Kita Dengan Memperbanyak Sedekah
Menyuburkan Harta Kita Dengan Memperbanyak Sedekah

kupass.com – Menyuburkan Harta dengan Sedekah; Ibarat pohon teh, semakin sering pucuknya dipetik semakin subur ia. Begitupun dengan harta, semakin sering disedekahkan semakin mengalir pula rejeki kita.

Mungkin kita berfikir ketika kita bersedekah maka jumlah uang yang kita miliki berkurang. Padahal pada hakikatnya justru Allah tengah menyuburkan rejeki kita dengan dikeluarkannya sebagian dari harta tersebut.

Sebab ada hak orang lain atas harta yang kita peroleh. Itulah yang menjadikan keberkahan dalam hidup kita. Dari Asma’ binti Abu Bakr, Rasulullah SAW pernah bersabda,

“Janganlah engkau menyimpan harta (tanpa mensedekahkannya). Jika tidak, maka Allah akan menahan rizki untukmu,”

Dalam riwayat lain disebutkan bahwa bersedekah dapat menyebabkan rezeki yang kita peroleh menjadi berkah. Harta yang kita miliki hanyalah titipan dari Allah. Sehingga Allah berhak mengambil kapan saja Ia mau. Mudah bagi Allah untuk memusnahkan apa-apa yang telah Allah titipkan kepada kita.

“Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah Pemberi Rezeki yang sebaik-baiknya,” (QS. Saba’ : 39)

Begitulah kemurahan Allah, selama kita menginfakkan sebagian harta kita di jalan yang Allah perintahkan, maka Allah akan memberikan gantinya, jika tidak di dunia maka di akherat berupa surga sebagai balasannya. Adapun manfaat dari bersedekah adalah diberi keberkahan dan dihilangkan bahaya yang disebabkan dari harta tersebut. Selain itu Allah juga akan mencukupi segala hajat kita. Sedekah juga dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.

Baca Juga:  Klinik Rawat Inap PDHI Wonosari Diresmikan, Badingah : Modern, Handal dan Menjadi Kebanggaan Umat

Tidak memiliki harta bukan berarti tidak bisa bersedekah. Sebab ada bentuk sedekah lain yang perlu kita ketahui pula. Tersenyum pada orang lain, menolong orang yang kesusahan, menyingkirkan duri yang menyebabkan jalan terhalang, serta kebaikan-kebaikan lainnya juga merupakan sedekah.

Tulisan ini adalah bagian dari Rubrik Mingguan OASE yang Insya Allah akan terbit setiap Jum’at. Terima kasih dan semoga memberikan manafaat untuk semua

Foto dari Unsplash

  • Bagikan

Respon (2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *