Songsong Hari Pahlawan, Komunitas Sepeda Jawa Napak Tilas Rute Gerliya Jenderal Soedirman

Sepeda Onthel Napak Tilas
Sepeda Onthel Napak Tilas

Karangmojo, (kupass.com)–Komunitas Sepeda Jawa Gunungkidul melakukan napak tilas rute Greliya Panglima Besar Jenderal Soedirman, Minggu (07/11/2021). Kegiatan yang dilaksanakan puluhan Sepeda Onthel Jawa ini untuk menyongsong Hari Pahlawan Nasional yang jatuh pada tanggal 10 November.

Anggota Komunitas Sepeda Jawa sekaligus Ketua KNPI Gunungkidul Heri Santosa mengatakan bahwa, napak tilas rute Gerilya ini dimulai dari rumah dinas Wakil Bupati Gunungkidul dan finish sampai monumen markas komando militer tentara panglima besar Jenderal Soedirman di Kalurahan Bejiharjo, Kapanewon karangmojo.

“Selain menyongsong hari pahlawan kegiatan ini juga untuk mengenal sejarah serta mengenang perjuangan para pahlawan yang telah gugur sebagai kusuma bangsa,”kata Heri, Senin (08/11/2021).

Menurutnya, dengan mengenang perjuangan pahlawan akan menumbuhkan jiwa nasionalisme pada generasi muda. Dengan demikian mereka semakin tinggi pengorbanannya untuk negara terlebih dalam menjaga persatuan dan persatuan serta menumbuhkan jiwa empati yang semakin kuat kepada sesama.

“Ada 50 peserta yang terdiri dari pengurus KNPI Gunungkidul dan komunitas sepeda Jawa,”ucapnya.

Menurutnya Hari Pahlawan Nasional dangan tema besar jali ini adalah Pahlawanku Inspirasiku akan menjadi momentum terus memupuk jiwa nasionalisme serta meneladani jejak sejarah. Mereka para pahlawan yang disebut rela berkorban dari harta sampai dengan jiwa raga.

“Generasi muda saat ini harus mampu seperti itu. Mampu memberikan peran yang nyata. Kegiatan semacam diharapkan dapat dilakukan rutin sehingga generasi muda tidak lupa pada sejarah,”imbuhnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.