PLS UNY: Penguatan Kapasitas Pengelolaan BUMDES Berbasis Wirausaha Sosial

  • Bagikan
Pelatian BUMDes Oleh Tim PLS UNY Di Warung Simbok
Pelatian BUMDes Oleh Tim PLS UNY Di Warung Simbok

Playen — KUPASS.com; Pada Selasa 14 Juni 2022 Bertempat di RM. Warung Simbok, Bandung, Playen Gunungkidul. Tim Dosen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) UNY menggelar Workshop dengan tema Penguatan Kapasitas Pengelolaan BUMDes Berbasis Wirausaha Sosial sesuai PP 11 Tahun 2021 mengenai Manajemen (Pengelolaan) BUMDesa.

Dalam Workshop ini menghadirkan Prof. Dr. Ibnu Syamsi, M.Pd dan Drs. R.B. Suharto, M.Pd dan juga Praktisi dari Desa/Kalurahan Gari Mas Septian.

Dalam Acara ini juga dihadiri oleh, Ketua Perserikatan BUMDes Indonesia (PBI) Sariyanto S.Pd dan Septian Nurmansyah S.Sn selaku motivator dan 20 orang perwakilan BUMDes yang ada di Gunungkidul.

Penguatan Kapasitas BUMDes Oleh Tim PLS UNY
Penguatan Kapasitas BUMDes Oleh Tim PLS UNY

Sebelum Acara dibuka secara Resmi, dari Tim Dosen PLS UNY Ibu Fitta Umaya Santi, M.Pd selaku Ketua Tim menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah Program Dosen Berkegiatan di Luar Kampus.

Pada kesempatan tersebut, dari Pemerintah Gunungkidul Bapak H. Muhammad Farkhan, S.Sos, MAP, selaku Sekretaris Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Gunungkidul, yang juga Secara Resmi Membuka Acara tersebut menyampaikan bahwa Acara-acara seperti ini perlu untuk terus digalakkan agar bisa menjembatani antara Dunia Kampus dan Masyarakat.

Baca Juga:  Terus Lakukan Pemantauan Terkait Kelangkaan Minyak Goreng, TPID Mencatat Sejumlah Temuan

Kemudian Kasi Usaha Perekonomian Masyarakat Desa Khoiru Rahmat Widiyanto. SE. MM, menyampaikan bahwa BUMDes harus Professional dan mampu memfasilitasi potensi usaha-usaha lokal, dan tidak mematikan para pengusaha lokal yang sudah ada, hal ini disebabkan karena BUMDes merupakan bidang usaha yang berbasis potensi lokal dan memajukan perekonomian di Kalurahan/Desa tersebut.

Dalam acara pelatihan tersebut Prof. DR. Ibnu Syamsi M.Phd dan Drs. RB. Suharto, M.Pd, menyampaikan, beberapa hal termasuk “kiat-kiat dalam kewirausahaan harus di tanamkan dari awal untuk membangun ekonomi masyarakat dengan memprioritaskan potensi lokal yang dikuasai sehingga bisa fokus pada pada usaha tersebut”.

Acara ini nantinya akan berlanjut di Workshop lanjutan yang Tempat dan Waktunya akan dihubungi melalui Grup WhatsApp yang sudah terbentuk.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.