Upaya Kenalkan Pertanian Modern, DPP Gelar Bazzar Pekan Tani Gunungkidul

Wonosari, (kupass.com)–Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kabupaten Gunungkidul, menggelar Pekan Tani Gunungkidul 2023 yang dilaksanakan di halaman kantor Dinas Pertanian. Kegiatan merupakan upaya pemerintah untuk memperkenalkan kepada warga masyarakat terkait pertanian modern sesuai dengan slogan Petani Maju, Mandiri, Modern.

Acara yang akan berlangsung selama 5 hari, mulai 4 sampai 8 Desember 2023 ini menggaet puluhan petani lokal hingga para UMKM di Kabupaten Gunungkidul. Kegiatan ini Lebih mengeksplorasi keunggulan tanaman pertanian di Gunungkidul, seperti tanaman hias olahan olahan serta dari tanaman serta olahan dari petani milenial

Ketua Panitia Kegiatan Restu Dwi Handoko mengatakan, kegiatan ini diikuti oleh beberapa UMKM diantaranya Komunitas Holtikultura Gunungkidul, KWT (Kelompok yang punya olahan. Petani Milenial, Asosiasi Pasar Tani Handayani (Aspartam), Komunitas Duta , Petani Milenial (Komda) dan yang lain.

Selain menggelar Pekan Tani, Dinas pertanian juga menggelar Bazaar murah. diharapkan melalui kegiatan ini, diharapkan tidak hanya bisa menekan inflasi, tetapi juga kesejahteraan para petani lokal dapat ditingkatkan. Restu menilai, kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi para UMKM.

“Pasar ini adalah media paling efektif bagi masyarakat untuk membeli sayur segar, pangan yang sehat, dengan harga yang terjangkau,”ujarnya, Selasa (05/12/2023).

Terpisah salah satu peserta bernama Sujiyanto dari Gapoktan Sumber Makmur, Kalurahan Bulerejo, Kapanewon Semin, mengaku senang dengan digelarnya Pekan Tani dan Bazar Pangan tersebut. Dirinya menginginkan, kegiatan itu digelar secara rutin, agar petani lokal bisa mendapatkan pundi-pundi rupiah di sana.

“Kami menjual beras premium dengan harga dibawah harga pasar. Kalau dipasar bisa mencapai 14 ribu per kilo gramnya, disini kami menjual dengan harga 13 ribu rupiah per kilo gramnya. Jadi ini juga bisa menjaga kestabilan harga pangan,”pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *