Jelang Musim Tanam, Tujuh Poktan Dapat Bantuan Benih Dari Pemerintah

Girisubo, (kupass.com)–Sebanyak 7 kelompok tani di Kalurahan Songbanyu, Kapanewon Girisubo, Gunungkidul mendapatkan bantuan benih padi varietas segreng handayani. Secara simbolis benih diserahkan langsung oleh Bupati Gunungkudul, Sunaryanta, Rabu (23/8/2023).

Kepala Dinas Pertanian Pangan Gunungkidul, Rismiyadi memaparkan bahwa, bantuan benih segreng handayani yang diberikan pada tahun 2023 total sebanyak 5,5 ton. Bantuan ini disebutnya bersumber dari APBD (Anggaran Pendapatan Belanja Daerah) ini dapat ditanam dilahan seluas 370 hektar.

“Petani di Kalurahan Songbanyu khususnya dan Girisubo pada musim tanam 1 menamam padi segreng handayani dengan harapan cepat panen dan dapat menanam tanaman selanjutnya pada musim tanam ke II,”paparnya.

Bantuan dalam bentuk stimulan ini belum bisa menjangkau secara menyeluruh untuk kebutuhan benih secara keseluruhan bagi anggota kelompok tani. Dari jumlah 13 kelompok tani di Kalurahan Songbanyu baru dapat menjangkau 7 kelompok tani saja.

“Akan kita anggarkan kembali mudah mudahan seluruh kelompok tani dapat tercukupi,”terangnya.

Sementara itu Ketua Gapoktan Girisari, Kalurahan Songbanyu Suyanto berujar bahwa, padi varietas segreng handayani memiliki banyak keunggulan selain umur pendek. Benih ini diklaim mampu bertahan di lahan tanah tadah hujan, serangan hama, serangga dan cocok di tanam dibawah pepohonan.

“Sebagian besar petani cocok menanam segreng. Sesuai dengan kondisi wilayah kita,”terangnya.

Sementara itu dikesempatan yang sama Bupati Gunungkidul Sunaryanta berharap pembagian benih berjalan dengan baik. Para petani juga diminta menyimpan benih dengan baik agar kualitas terjaga sebelum memasuki musim tanam.

“Sesuai dengan ramalan BMKG awal musim tanam atau puncak kekeringan terjadi pada bulan September mendatang kalau tidak berubah,”terang Bupati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *