Syarat Mutlak PTM, Dinkes Bersama Tim Mobile Kejar Target Vaksinasi Anak Selesai Bulan Januari

  • Bagikan
Vaksinasi Anak
Vaksinasi Anak

Wonosari, (kupass.com)–Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul terus mengejar target vaksinasi anak usia 6 – 11 tahun selesai pada bulan Januari 2022. Bagi anak atau siswa usia tersebut belum tervaksin, Dinkes bakal melakukan sweping dan terus melakukan pendataan.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul Dewi Irawaty saat ditemui di SD Tunas Mulia yang berada di Ledoksari, Kalurahan Kepek, Kapanewon Wonosari, Senin (10/01/2022). Vaksinasi masal anak usia 6 – 11 tahun itu bekerjasama dengan Tim Mobile Vaksinasi Badan Intelijen Negara (BIN) DIY.

“Vaksinasi anak mencaoai 30,7 persen dari target yang ditentukan sebanyak 56 ribu sasaran,”ujar Dewi.

Di sekolah tersebut Tim Mobile melakukan vaksinasi sebanyak 413 anak. Dewi mengklaim hingga saat ini belum ada kendala berarti saat pelaksanaan vaksinasi masal tersebut.

“Tidak ada penolakan dan orang tua mendukung penuh. Target selesai pada bulan Januari,”tuturnya.

Sementara itu Tim Mobile vaksinasi dari BIN DIY Eko Sulsilo mengatakan, percepatan Vaksinasi anak usia 6-11 tersebut harus dikawal dan dipastikan penyelesaiannya. Per 7 Januari vaksinasi tersebut masih diangka 28 persen.

Baca Juga:  Cegah Varian Omicron Masuk Ke Gunungkidul, Vaksinasi Kolaborasi Kombinasikan Multisasaran

“Pemantauan kami masih on target, namun masih perlu pengawalan”, kata Eko.

Eko menambahkan, agar tidak terdampak saat dimulainya vaksin ketiga (Booster), vaksinasi anak ini menjadi prioritas agar pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) benar-benar aman dan lancar.

“Capaian target vaksinasi Anak 100 persen menjadi syarat PTM penuh. Selain itu juga penting untuk menjaga keamanan anak dari ancaman Covid yang masih ada,”katanya.

Sebagaimana diketahui, Pemerintah telah memutuskan untuk memulai vaksinasi tahap ketiga (Booster) mulai 12 Januari 2022 mendatang. Oleh karenanya sisa tanggungan vaksinasi dosis 1 dan 2, termasuk anak usia 6-11 tahun harus diselesaikan terlebih dulu agar nantinya tidak terkendala adanya vaksin Booster.

Pada vaksinasi kali ini, BIN bersama Dinas Kesehatan, Puskesmas dan Sekolah, menyasar SDIT Tunas Mulia Wonosari dengan slot yang disediakan 500 siswa. Dengan percepatan ini, harapan Pemerintah Kabupaten Gunungkidul yang menargetkan vaksinasi anak rampung pada Januari 2022 bisa tercapai.

  • Bagikan

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.