Sambut Idul Adha, PHBI Kedungpoh Gelar Pelatihan Kepanitiaan Qurban Secara Syariah

Nglipar, (kupass.com)–Panitia Hari Besar Islam (PHBI) zona barat Desa Kedungpoh menyelenggarakan pelatihan penyembelihan dan penanganan hewan qurban. Event ini diperuntukkan untuk para jagal atau juru sembelih, panitia qurban, maupun para pengurus takmir masjid.

Ketua PHBI, Ari efrianto mengatakan pelatihan dilaksanakan dalam rangka menyambut Idul Adha 1445 H. Kegiatan tersebut juga untuk meningkatkan pengetahuan serta wawasan seputar ibadah qurban bagi para panitia qurban.

“Event dilaksanakan pada Sabtu 01 Juni 2024 di masjid Umar Bin Khottob Kedungpoh lor, Kedungpoh Nglipar ini dihadiri 80an peserta. Dengan mengundang langsung sebagai pemateri, Ustadz Nanung Danar Dono praktisi dan akademisi dari UGM juga dewan syariah Juleha (Juru sembelih halal) DIY,”terangnya.

Pelatihan Panitia Qurban
Pelatihan Panitia Qurban

Menjadi panitia qurban dikatakannya tidak sederhana, hewan qurban merupakan amanah dari para shohibul qurban, panitia harus memastikan menjadi ibadah yang sah.

“Penanganannya pun harus tepat, hingga pembagian daging qurban yang sesuai syariat,”paparnya.

Dalam sambutannya, ketua Ranting Muhammadiyah Kedungpoh Ustad Supardi juga mengatakan bahwa pelatihan ini sangat-sangat penting. Bukan hanya pematerinya yang istimewa, meskipun juga selama ini setiap tahun kita sudah praktik menjadi panitia qurban.

“Banyak ilmu yang belum kita ketahui seputar ibadah qurban,”pungkasnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *