7 Referensi Kuliner Legendaris di Gunungkidul, Nomor 5 Bisa Bikin Darah Tinggi

Gunungkidul, (kupass.com)–Tak lepas dari kekayaan alam dan boomingnya pariwisata, Kabupaten Gunungkidul juga memiliki beragam wisata kuliner. Wisata kuliner lagendaris di Gunungkidul tentunya menjadi agenda wajib kalian apabila kalian berlibur di Kabupaten yang terletak di timur Kota Yogyakarta ini. Berikut kuliner-kuliner legendaris versi kupass.com.

1. RM Sego Abang Jirak Semanu

Sego Abang Jirak
Sego Abang Jirak foto by Muhammad Iqbal Pramadi

Sejumlah pejabat mulai Mentri dan Presiden pernah singgah di rumah makan ini. Letaknya di sebelah barat jembatan Jirak persis depan kantor Kalurahan Semanu, Kapanewon Semanu, Gunungkidul.

Menunya beragam, mulai dari ayam goreng, babat isqo, walang, sayur Lombok ijo hingga daun pepaya. Tentunya menu andalan nasinya sesuai dengan namanya yakni Sego Abang atau Nasi Merah. Disini juga menjual ikan wader goreng dan walang (Belalang) Goreng.

2. RM Ayam Goreng Mbah Tumbu

Ayam Goreng MBah Tumbu Yang Legendaris
Ayam Goreng MBah Tumbu Yang Legendaris foto by Arie Dwi Utomo

Masih satu wilayah di Kalurahan Semanu, ada RM sangat legendaris lainnya yakni RM Ayam Goreng Mbah Tumbu. Puluhan tahun lalu Mbah Tumbu berjualan di pasar Semanu, kini Simbah laris manis berjualan di rumahnya. Banyak orang mencari lokasinya yang masuk ke gang-gang di Padukuhan Ngebrak Barat, Kalurahan Semanu. Tekstur masakan Ayamnya sangat empuk dan mempunyai ciri khas tersendiri. Yang membuat khas adalah cara memasaknya masih dengan cara tradisional yakni menggunakan kayu bakar.

Setelah ayam dibumbui dan di rebus selama berjam-jam hingga empuk kemudian digoreng. Yang membuat beda dari Ayam yang lain, Mbah Tumbu menggunakan sambal Lombok ijo dan lalapan daun kenikir yang sudah direbus. Menambah cita rasa tersendiri, pembeli juga disuguhkan sayur tahu yang khas dengan masih putih hangat.

3. Bakso Urat Pak Supardi

Bakso Urat Pak Supardi
Bakso Urat Pak Supardi

Di daerah Kalurahan Jetis, Kapanewon Saptosari berjejer warung bakso urat. Yang paling laris diantara penjual bakso yakni milik Bakso Urat Pak Supardi.

Tak hanya kalangan menengah ke bawah, Bakso Uratnya wisatawan bermobil sering mampir di warungnya yang terletak di pinggir JJLS Padukuhan Temanggung ini.

Tekstur uratnya sangat terasa ditambah tetelan daging sapi dan kuah kaldu membuat Bakso Pak Supardi wajib dicoba saat anda berwisata ke Gunungkidul.

4. Soto Tan Proyek

Warung soto keluarga ini mempunyai resep secara turun temurun buka di dua lokasi hampir berdekatan yakni di Jalan Wonosari – Jogja Kalurahan Logandeng, Kapanewon Playen. Kuah kaldu yang terasa harum ayamnya membuat Soto Tan Proyek diburu pecinta kuliner saat pagi hari. Saking larisnya, ketika jam makan siang pun menu Soto yang satu ini sudah ludes.

5. Sate Kambing Pak Buko

Meskipun buka di wilayah perbatasan Wonosari – Nglipar (Kalurahan Karangtengah) Sate Kambing Pak Buko sangat ramai apabila waktu makan siang tiba. Bahkan seringkali kalau tak pesan dulu menu andalan kambingnya cepat habis. Selain Sate, menu andalan Pak Buko juga ada tongseng Kepala, Tongseng Daging, Tengkleng dan Gule. Cita rasa bumbu khas dan tekstur daging yang empuk membuat pecinta kuliner kambing ketagihan ingin kembali makan disini.

6. Mie Ayam Prima Rasa

Tak buka cabang, Mie Ayam Primarasa merupakan salah satu kuliner recomended saat berkunjung ke Gunungkidul. Lokasinya berada di depan Balai Kalurahan Ngeposari, Kapanewon Semanu. Tak pernah sepi, bahkan lokasi parkirnya selalu dipenuhi sepeda motor dan mobil. Penjualnya menghabiskan puluhan kilo mie setiap harinya. Selain Mie ayam, Prima Rasa juga menyediakan menu beragam seperti Soto dan Bakso.

7. Sego Berkat Prawiro Ranti

Lokasinya berada di Tawarsari tepatnya sebelah timur balai Kalurahan Wonosari, Kapanewon Wonosari. Nasinya teksur Pulen dengan mie dan oseng tempe, lauknya beragam mulai dari ayam, telur, babat iso dan empal. Tempatnya rumah makannya klasik, membuat pengunjung betah berlama-lama menikmati kuliner ini sambil nyeruput teh poci disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *