Images (56)

Target PAD Dari Restribusi Kunjungan Wisata Terlampaui

Wonosari (kupass.com)–Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang diperoleh dari retribusi kunjungan wisatawa pada tahun 2020 melampaui dari target yang ditentukan. Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul mencatat pada akhir tahun PAD sektor wisata memperoleh Rp 14 miliar lebih.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Dispar Gunungkidul Hary Sukmono. Dia memaparkan bahwa sebanyak 2 juta wisatawan berkunjung sejumlah destinasi wisata sepanjang tahun 2020.
Walaupuj diakui pada tahun 2020 terjadi pandemi Covid-19, namun kondisi itu tidak begitu signifikan menurunkan kunjungan wisatawan.

“Pemda sebelumnya melakukan revisi perubahan target kunjungan wisatawan sebanyak 1.811.316. Sementara kunjungan sepanjang tahun mencapai 1.844.756 wisatawan,”kata Hary, Minggu (03/01/2021).

Menurut Hary Dispar mampu mendapatkan PAD dari sektor wisata total sejumlah Rp. 14,26 Miliar. Target itu sesuai apa yang dihitung dari penjualan tiket retribusi yang masuk ke sejumlah destinasi wisata.

Baca Juga:  Pengurus KBIHU Dikukuhkan, Motivasi Jamaah Untuk Berangkat Haji

“Melampaui, 102% dibanding dengan target yang telah ditetapkan yakni sejumlah Rp 13,97 Miliar. Kita harus bersyukur karena saat pandemi mampu melampaui target, “imbuhnya.

Meskipun Pemerintah pada akhir tahun 2020 menetapkan aturan pemangkasan libur panjang dan cuti bersama, namun merubah kunjungan wisatawan.

“Beberapa waktu kemarin, memang belum mencapai target, namun libur Natal dan tahun baru ini cukup membantu pemasukan dari Dinas Pariwisata,”terangnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *