Sektor Wisata Perlu Peningkatan SDM, Puluhan Pokdarwis Terima SK Gubernur DIY

Wonosari, (kupass.com)–Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) bersama Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul menggelar Forum Komunikasi Pokdarwis Desa Wisata Gunungkidul yang diselenggarakan di Saptosari pada Selasa, (02/04/2024).

Disampaikan Ketua Kelompok Desa Wisata Andang Nugroho bahwa ajang ini disebut untuk silaturahmi menghadapi persiapan menghadapi kunjungan libur hari raya Idul Fitri. Ada sebanyak 72 Pokdarwis yang telah mendapatkan SK dari Gubernur DIY.

“Mewakili rekan-rekan berterima kasih atas support dari Bupati. Harapan kedepan dapat menjembatani dalam mendukung perkembangan pariwisata,”terang Agus.

Dikesempatan yang sama Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul Oneng Windu Wardana menjelaskan, dalam rangka persiapan kunjungan lebaran sudah mempersiapkan berbagai hal. Dinas sendiri telah berkoordinasi lintas instansi baik Dinas Pariwisata maupun jajaran Aparat.

“Kita sudah memberikan edaran, terkait dengan SOP (Standar Operasional Prosedur) kesehatan, kebersihan, kenyamanan dalam menyajikan hidangan, dan juga memberikan harga utamanya untuk menu makanan,”kata Oneng.

Pihak pengelola parkir, hotel, serta penyedia jasa pun tak luput dari edaran ini untuk mentaati aturan yang ada.

Sementara itu Bupati Gunungkidul Sunaryanta menyerahkan secara langsung SK Desa Wisata sebanyak 4 Desa dan 2 SK Kelompok Sadar Wisata.

“Desa wisata yang baru saja mendapatkan SK, kedepan dapat memetakan lagi potensi-potensi yang ada agar terus dapat berkembang,”kata Sunaryanta.

Menurut Bupati salah satu sektor yang turut berkontribusi dalam pendapatan daerah yakni di sektor pariwisata. Hal ini disebutnya perlu peningkatan SDM (Sumber Saya Manusia) utamanya dalam segi bahasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *