Pantai Ngunggah, Destinasi Wisata Yang Cocok Untuk Camping

  • Bagikan
Pantai Ngunggah
Pantai Ngunggah

Panggang,(kupass.com)–Pantai ini dinamai Ngunggah, terletak di wilayah Padukuhan Pejaten, Kalurahan Giriwungu, Kapanewon Panggang. Pantai Ngunggah merupakan salah satu dari ratusan destinasi wisata yang belum diketahui banyak wisatawan.

Kondisinya yang masih alami, pantai Ngunggah sangat cocok untuk kegiatan Camping. Pasir putih pantai Ngunggah terhampar luas diapit dua tebing menghadap langsung ke laut selatan.

Sepoi – sepoi angin laut menambah kenyamanan warga masyarakat yang berkunjung kesini. Layaknya pantai privat, ketika sore hari pengunjung yang datang ke pantai ini dapat menikmati keindahan sunset menjelang matahari terbenam.

Untuk tiba di lokasi pantai Ngunggah, wisatawan dapat menempuh jarak sekitar 1 jam dari Kota Wonosari dan 2 jam dari Kota Yogyakarta. Dari akses Jaringan Jalur Lintas Selatan (JJLS), pantai Ngunggah dapat detempuh dengan jarak sekitar 5 kilometer.

Pengunjung dapat ke lokasi pantai melewati jalur masuk ke Padukuhan Pejaten, Kalurahan Giriwungu Kapanewon Panggang. Disana sudah ada papan petunjuk untuk menuju Pantai Ngunggah.

Akses jalan menuju titik lokasi sudah sangat baik yakni Cor Blok yang dapat dilalui sepeda motor, mobil bahkan Bus berukuran Medium.

Baca Juga:  Investor Belum Lunasi Pembayaran Lahan, Jalan Masuk De Mangol Diblokir Warga

Setelah sampai lokasi, pengunjung harus berjalan dari tempat parkir sejauh kurang lebih 500 meter untuk sampai ke bibir pantai. Lantaran belum terkelola oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, wisatawan belum ditarik biaya Retribusi saat masuk ke pantai Ngunggah. Pengunjung cukup membayar biaya parkir.

Kondisi yang masih alami, membuat pantai ini masih minim pedagang. Pelaku wisata yang menjajakan dagangannya pada hari Sabtu dan Minggu saja. Sehingga wisatawan direkomendasikan untuk membawa bekal sendiri jika ingin berlibur ke pantai ini.

Pantai Ngunggah dirintis oleh warga masyarakat yang tinggal di Padukuhan Pejaten dan Padukuhan Klepu. Dua wilayah Padukuhan ini tergabung dalam Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Mitra Alam Samudra.

Pokdarwis tersebut baru merintis pantai Ngunggah baru sekitar 2 bulan dan saat ini masih dalam proses pengerjaan akses jalan yang menuju ke pantai menggunakan anggaran swadaya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *