Puluhan Anak Kurang Mampu Mengikuti Khitan Masal Gratis Di Ponpes Darush Solikhin

  • Bagikan
IMG 20201226 WA0016
IMG 20201226 WA0016

Panggang, (kupass.com)–Sejumlah anak dari berbagai wilayah mengikuti kegiatan khitanan (sunat) masal di Pondok Pesantren Darush Solikhin yang berada di Padukuhan Warak, Kalurahan Girisekar, Kepanewon Panggang, Sabtu (26/12/2020). Khitan masal tersebut dilaksanakan rutin setiap tahunnya dengan tujuan untuk membantu warga masyarakat kurang mampu.

Ustad Abduh Tuasikal dan peserta Khitan
Ustad Abduh Tuasikal dan peserta Khitan

Pengasuh Ponpes Darush Solikhin Ustad Muhammad Abduh Tuasikal mengatakan bahwa, kegiatan khitanan masal diikuti sebanyak 63 anak. Puluhan anak itu berasal dari seluruh wilayah Kepanewon di Gunungkidul bahkan dari luar wilayah seperti Kabupaten Bantul dan Yogyakarta.

“Kegiatan khitan masal ini rutin selalu kami laksakan setiap tanggal 25 dan 26 Desember karena pas tanggal merah dan hari libur. Rata – rata yang mengikuti adalah anak – anak SD,”kata Abduh Tuasikal.

Proses khitan masal
Proses khitan masal

Selain khitan gratis, anak – anak yang mengikuti kegiatan itu juga mendapatkan tas sekolah dan sejumlah uang saku. Agar kegiatan sunatan masal berjalan dengan lancar pihak Ponpes mendatangkan tim Dokter khusus dari RS PKU Muhammadiyah Wonosari sejumlah 20 orang.

Baca Juga:  Ponpes Love Tahfidz Roudhotus Salamah, Kembangkan Potensi Pertanian Dan Perkebunan

“Sudah berjalam selama lima tahun. Selain untuk membantu dan meringankan ekonomi warga masyarakat kegiatan ini juga sebagai syiar Islam, dan memperkenalkan Ponpes Darush Solikhin, “imbuhnya.

Pihak Ponpes juga menyediakan rapid test gratis seminggu sebelumnya kepada peserta khitanan masal. Hal tersebut dilakukan untuk pencegahan penyebaran Covid-19 saat pelaksanaan kegiatan.

“Sebelumnya ratusan ana yang ikut, tetapi karena pandemi Covid-19 kami batasi, “terang Abduh Tuasikal.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *