Lounching Buku ODDP, Tingkatkan Literasi Kesehatan Jiwa Masyarakat dan Peningkatan Layanan Kesehatan

  • Bagikan
Lounching Buku ODDP
Lounching Buku ODDP

Wonosari, (kupass.com)–Pusat Rehabilitasi YAKKUM melounching Buku Panduan Orang Dengan Disabilitas Psikososial (ODDP) dan Panduan Pendamping. Lounching ini dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional tahun 2021, Selasa (07/12/2021).

Dalam rangkaian kegiatan ini, Pusat Rehabilitasi YAKKUM bekerja sama pula dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul menyelenggarakan Pelatihan Pelayanan Kesehatan Jiwa Masyarakat (Community Mental Health Nursing/CMHN) dengan tema Peningkatan Literasi Kesehatan Jiwa Masyarakat dan Peningkatan Layanan Kesehatan Jiwa di Puskesmas.

Manajer Project Kesehatan Jiwa Berbasis Masyarakat, Pusat Rehabilitasi YAKKUM, Siswaningtyas Tri Nugraheni mengatakan, Melalui buku “Panduan Menuju Orang Disabilitas Psikososial yang Mandiri dan Berdaya,” ODDP, pendamping ODDP dan masyarakat luas diharapkan dapat mengenali gejala, proses pemulihan, obat dan pencarian bantuan untuk ODDP. Sedangkan buku “Panduan Cerdas Mendampingi Orang Dengan Disabilitas Psiksososial” disusun sebagai acuan pendampingan pemulihan ODDP di rumah.

“Kedua buku ini merupakan modul yang diterbitkan oleh Pusat Rehabilitasi YAKKUM melalui Program Rehabilitasi Kesehatan Jiwa Berbasis Masyarakat dengan dukungan dari Pemerintah Australia melalui Program The Australian NGO Cooperation Program (ANCP),”kata Siswaningtyas usai acara yang berlangsung di Hotel Cyka Raya.

Baca Juga:  Vaksin Dapat Sayur Gratis, Sasar Ribuan Pelajar di Kapanewon Tepus

Sejak tahun 2017, Pusat Rehabilitasi YAKKUM (PRY) sebagai lembaga non pemerintah yang bergerak pada isu pemberdayaan kesehatan jiwa berbasis masyarakat. Lembaga ini mendorong terwujudnya peningkatan kualitas hidup, produktivitas dan perekonomian orang dengan disabilitas psikososial yang berada di tiga wilayah yaitu Kabupaten Sleman, Kabupaten Kulon Progo dan Kabupaten Gunungkidul.

“Khususnya di Kabupaten Gunungkidul, kompleksitas permasalahan kesehatan jiwa yang ada belum diimbangi dengan sarana pelayanan dan sumber daya manusia yang kompeten sampai saat ini,”tuturnya.

Walaupun terdapat kebijakan dalam bentuk peraturan Bupati dalam penanganan ODDP/ODGJ dan bunuh diri, serta penyelenggaraan kalurahan sehat, dalam review Rencana Aksi Daerah masih diperlukan peningkatan pemahaman tenaga kesehatan tentang kesehatan jiwa dan penanganan ODDP.

“Menangkap kebutuhan tersebut, Pusat Rehabilitasi YAKKUM berkontribusi dalam peningkatan dan pemberdayaan tenaga kesehatan di Puskesmas. Kontribusi ini dilakukan dengan cara menyelenggarakan Pelatihan Kesehatan Jiwa untuk Tenaga Puskesmas di Kabupaten Gunungkidul,”katanya.

Pelatihan ini diselenggarakan setelah acara peluncuran Buku Panduan ODDP dan Panduan Pendamping dan dihadiri oleh 30 tenaga kesehatan Puskesmas di seluruh Kabupaten Gunungkidul.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *