IMG 20200831 WA0019

Lazismu Gunungkidul Bedah Rumah Pemuda Miskin Ngeposari

Semanu, (kupass.com)–Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) Kabupaten Gunungkidul melaksanakan kegiatan bedah rumah milik seorang pemuda miskin yang diketahui bernama Fajar Sidik Kurniawan warga Padukuhan Munggur, Kalurahan Ngeposari, Kepanewon Semanu.

Anggota Lazismu Kabupaten Gunungkidul Surani menjelaskan, kegiatan bakti sosial berupa bedah rumah tersebut didasari atas keprihatinan warga Muhammadiyah kepada Fajar. Saat relawan Lazismu menyambangi rumah pemuda berusia 18 tahun itu, tidak ada satupun barang mewah. Dinding rumah hanya menggunakan gedek (anyaman bambu), sedangkan atap genting banyak dalam kondisi bocor.

Relawan kerja bakti pembangunan rumah Fajar Sidik Kurniawan

Relawan kerja bakti pembangunan rumah Fajar Sidik Kurniawan

“Dia merupakan anak keempat dari enam bersaudara, tetapi dua kakaknya sudah meninggal. Salah satu di antaranya meninggal dikarenakan sakit lama dan tidak kunjung sembuh sampai kehabisan biaya untuk berobat,”ujar Surani, Senin 31/08/2020.

Selain itu Fajar merupakan seorang pemuda yang supel, tekun dan pekerja keras. Menurut Surani dia menjadi tulang punggung keluarganya, dengan mencari nafkah untuk aggota keluarganya berjumlah 6 orang.

“Ayah, ibu, nenek, kakak perempuan, kakak laki-laki, dan adik perempuan. Salah satu kakaknya yang dia nafkahi mengalami gangguan jiwa. Dia bertanggung jawab atas biaya adiknya yg masih duduk dikelas 3 SMK.
Semenjak duduk di bangku SMP pemuda ini sudah mulai mencari uang sendiri (buruh) untuk biaya sekolah dan biaya kehidupan sehari-hari keluarganya,”terangnya.

Lanjut Surani menambahkan, kondisi tersebut yang membuat Lazismu Gunungkidul dan beberapa tokoh masyarakat mengumpulkan para donatur untuk membangunkan rumah layak huni dengan ukuran 6 x 6.

“Total dana yang terkumpul telah mencapai Rp 25.000.000. Pembangunan rumah tersebut sudah kami mulai bersama relawan sejak Minggu 30/08/2020),”beber Surani.

125 views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *