Dapat Donatur Nyaris Satu Milyar, Umat Muslim Plebengan Lor Punya Masjid Anyar

Peresmian Masjid Al Ikhlas Oleh Bupati Gunungkidul
Peresmian Masjid Al Ikhlas Oleh Bupati Gunungkidul

Semanu, (kupass.com)–Umat muslim yang berada Padukuhan Plebengan Lor, Kalurahan Candirejo, Kapanewon Semanu kini dapat menjalankan ibadah dengan nyaman. Masjid Al Ikhlas yang sebelumnya berbentuk kecil itu sudah berubah menjadi megah dan siap untuk digunakan warga masyarakat.

Sabtu (10/09/2022) Bupati Gunungkidul Sunaryanta secara langsung meresmikan masjid yang berada di tanah seluas 1.500 meter itu.

Wakil Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Semanu Budi Santoso menjelaskan bahwa, pembangunan masjid Al Ikhlas tersebut menghabiskan total dana sekitar Rp 950 juta. Dana tersebut bersumber dari salah satu dermawan dari Kota Yogyakarta bernama Dwi Lestari.

“Suatu ketika kami menerima donatur dari Ibu Dwi lestari. Dimana beliau diamanahi oleh suaminya sebelum meninggal berhajat untuk membangun sebuah masjid. Sehingga ditunaikan oleh istri dan keluarganya,”terang Budi.

Menurut Budi, awanya masjid ini berupa bangunan lama dan kecil. Namun stelah panitia melakukan pembebasan tanah, luas lahan di Masjid tersebut bertambah seluas 1.500 meter.

“Sebagian tanah juga dari wakaf dari warga disini yaitu Sukiman dan Slamet Riyadi, tetapi untuk pembangunan masjid khusus dari ibu Dwi Lestari. Dengan diresmikannya Masjid Al Ikhlas ini semoga menjadi amal jariyah dan membawa keberkahan dunia akhirat,”tandasnya.

Sementara itu bupati Gunungkidul mengatakan, Masjid mempunyai fungsi utama yakni digunakan untuk beribadah. Namun bukan hanya tempat ibadah, masjid mempunyai banyak fungsi apalagi di era globalisasi.

“Terimakasih kepada donatur yang telah membangun masjid, mudah-mudahan atas partisipasi donatur yang besar ini senantiasa diberikan kekuatan lahir dan batin,”tutupnya. (Jarwanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *