IMG 20200729 WA0032

Dapat Bantuan Ternak Kube Dari Kementrian Sosial, Kesejahteraan Warga Wonosari Meningkat

Tanjungsari, (kupass.com)–Sebanyak 10 orang warga Padukuhan Wonosari, Kalurahan Banjarejo, Kepanewon Tanjungsari yang tergabung dalam Kelompok Usaha Bersama (KUBE) mengaku mengalami peningkatan kesejahteraan. Sebelumnya sepuluh orang tersebut terbentuk dengan nama Kube Sejahtera XVIII GK PS 002 ini mendapatkan bantuan hibah bantuan dari dana Dekonsentrasi Kementrian Sosial RI.

Kelompok Kube menjual ternak

Kelompok Kube menjual ternak

Diungkapkan oleh Ketua Kube Sejahtera XVIII GK PS 002 Sarmiyati bahwa, kelompok yang dibentuk oleh Pendamping Sosial Kube tersebut mendapatkan bantuan hibah dana sebanyak Rp 25.000.000 pada tahun 2018 lalu. Setelah menerima bantuan dan digunakan untuk usaha, seluruh anggota kelompok menyepakati pengembangkan usaha melalui ternak Sapi penggemukan.

“Bantuan akhirnya kami belanjakan dua ekor Sapi jantan dan dipelihara secara bergilir oleh anggota, “ujar Sarmiyati, Kamis, (10/09/2020).

Dia menambahkan, hingga saat ini ternak Sapi penggemukan bantuan kube telah bergulir selama dua kali. Sebagai ketua dan anggota pihaknya bersyukur berkat bantuan tersebut akhirnya dapat meningkatkan penghasilan tambahan bagi anggota kelompok.

“Per ekor dibeli dengan harga Rp 12.500.000 dan dipelihara selama satu tahun. Menjelang hari raya Idul Adha kemarin dijual laku dengan harga Rp 16.000.000. Total keuntungan 70 persen menjadi hak anggota yang memelihara sedangkan sisanya masuk menjadi khas kelompok, “katanya.

Kesuksesan pengelolaan kelompok Kube menurut Sarmiyati tak lepas dari peran Pendamping Sosial Kube yang selalu memberikan arahan dan monitoring secara rutin. Kedepan pengelolaan keuntungan uang khas kelompok yang saat ini telah terkumpul bakal dipergunakan untuk Kube pengembangan di Padukuhan Wonosari, Kalurahan Banjarejo.

39 views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *