FB IMG 1613913410574

“Curhatan Online” Makna Teman Buat Si Ekstrovert Dan Introvert

Paliyan, (kupass.com)–Setiap manusia dilahirkan unik, namun secara umum manusia mempunyai dua kepribadian ekstrim yakni ekstrovert (terbuka) dan introvert (tertutup). Sebenarnya kepribadian introvert dan ekstrovert adalah spektrum, dan ada orang yang kepribadiannya ditengah tengah keduanya yakni ambivert.

Kajian neurobiologi telah menemukan bahwa si ekstrovert dopamine internalnya kurang sensitif sehingga membutuhkan stimulus dopamine yang lebih besar dari luar. Dopamine adalah kimia otak yang memberikan efek kesenangan dan kepuasan. Dopamine didapatkan saat ia melakukan interaksi sosial dan mendapatkan respon dari orang sekitarnya.

Gambar Istimewa

Gambar Istimewa


Itulah sebabnya orang ekstrovert relatif senang bergaul dan pembawaannya biasanya ceria. Ia juga suka berkompetisi dan melakukan hal hal yang penuh tantangan. Dengan kata lain ia adalah pemburu dopamine.

Sedangkan si introvert relatif tidak membutuhkan banyak asupan dopamine melalui interaksi sosial. Kesendirian dan bergaul dengan lingkungan terbatas sudah cukup membahagiakannya. Ia adalah seorang pemikir dan pendengar yang baik.

Perbedaan lain adalah si introvert relatif lebih dominan menggunakan jalur acetylcholine dalam kesehariannya. Acetlcholine adalah kimia otak yang dirangsang oleh proses berfikir, merenung dan menganalisa. Itu sebabnya si introvert akan lebih suka menikmati aktivitas sendirian, seperti menulis, membaca, kontemplasi, nonton film dan lain sebagainya.

Baca Juga:  Dipicu Masalah Perceraian Dengan Istri, Warga Sampang Tewas Gantung Diri di Pohon Kleresede

Perbedaan lain adalah bagian otak yang berfungsi sebagai pusat pertimbangan dan eksekusi yakni prefrontalcortex (PFC) lebih tebal sehingga si introvert cenderung berfikir panjang dalam mengambil tindakan.

Dua kepribadian itu tentu ada kelebihan dan kekurangannya. Yang penting kita belajar memahami diri sendiri dan mengelolanya menjadi potensi.

Menerima diri sendiri adalah langkah awal untuk bisa menerima orang lain. Tak peduli siapapun kita apakah ekstrovert atau introvert yang penting jadi orang yang bermanfaat karena sebaik baik manusia adalah orang yang bermanfaat bagi sesama.

Curhatan Online adalah sebuah artikel rubrik khusus yang ditayangkan oleh media online kupass.com setiap akhir pekan. Rubrik ini ditulis langsung oleh Psikeater RS PKU Muhammadiyah Wonosari dan RSUD Wonosari Ida Rochmawati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *