Curhatan Online, Cemas Karena Covid-19 Dapat Memicu Stres Dan Daya Tahan Tubuh Menurun

  • Bagikan
FB IMG 1626571006309
FB IMG 1626571006309

Wonosari, (kupass.com)–Ledakan kasus Covid-19 di Kabupaten Gunungkidul baru – baru ini membuat banyak warga masyarakat cemas. Kecemasan tersebut dapat memicu munculnya hormon stres bahkan dapat menurunkan imun atau daya tahan tubuh menurun.

Meski diklaim tidak seheboh sekitar 1 tahun yang lalu, berita tentang ledakan kasus Covid-19 ini tak ayal membuat gelisah.

Psikeater RSUD Wonosari dr Ida Rochmawati menjelaskan bahwa sebenarnya cemas adalah reaksi yang wajar ketika seseorang menghadapi hal yang dipersepsi sebagai ancaman. Dengan adanya rasa cemas, seseorang akan menjadi lebih berhati – hati dan belajar mengantisipasi.

“Namun bila cemas itu berlebihan maka bisa memicu hormon stres dan menyebabkan keluhan fisik. Akibat yang lain adalah daya tahan tubuhnya akan menurun,”kata Ida, Minggu (18/07/2021).

Baca Juga:  Relawan Peduli Gunungkidul Kembali Beraksi, Bagikan Ratusan Nasi Kotak Kepada Warga Terdampak PPKM

Wanita yang juga Psikeater RS PKU Muhammadiyah Wonosari itu mengajak kepada warga agar baiknya masyarakat mengenali tanda tanda kecemasan itu. Kecemasan yangbdisebut Ida yakni baik tanda pikiran, perasaan, fisik maupun kognitif.

“Dengan demikian setidaknya kita mampu mengelolanya. Namun bila kecemasan berlarut – larut tentu perlu mendapat pertolongan profesional.

Menurutnya, kecemasan tidak ada kecemasan yang abadi. Semua akan berlalu seiring perjalanan waktu dan ternyata sebagian besar yang dicemaskan tidak terjadi.
Ataupun bila terjadi levelnya di bawah yang dipikirkan.

Curhatan Online adalah sebuah artikel rubrik khusus yang ditayangkan oleh media online kupass.com setiap akhir pekan. Rubrik ini ditulis langsung oleh Psikeater RS PKU Muhammadiyah Wonosari dan RSUD Wonosari Ida Rochmawati.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *