Bupati Gunungkidul Berikan Gaji Awal Tahun Kepada Pemulung Dan Petugas Kebersihan

Bupati Sunaryanta
Bupati Sunaryanta

Wonosari, (kupass.com)–Bupati Gunungkidul Sunaryanta memberikan gaji bulan Januari tahun 2022 kepada puluhan Pemulung dan Petugas Kebersihan (Tenaga Harian Lepas) di Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Wukirsari, Kalurahan Baleharjo, Kapanewon Wonosari, Sabtu (01/01/2022). Selain memberikan gajinya, Bupati juga mengajak makan mie ayam bersama para pemulung dan petugas kebersihan di lokasi.

Saat diwawancarai wartawan Sunaryanta mengatakan bahwa, makan bersama tersebut disebut wujud kepedulian kepada elemen masyarakat. Dalam kesempatan tersebut Bupati juga mendapatkan aduan bahwa honor THL yang bekerja sebagai petugas kebersihan masih dianggap kecil.

“Penghasilan saya pada bulan Januari 2022 saya serahkan untuk mereka. Mudah – mudahan walaupun tidak seberapa tapi semoga bermanfaat,”kata Sunaryanta.

Sementara itu salah satu pemulung yang bekerja di TPAS Wonosari Sugiyah mengaku sangat senang dapat makan bersama Bupati. Menurutnya sangat jarang pejabat apalagi orang nomor satu seperti Bupati yang mau makan bersama bahkan memberikan gajinya kepada warga kalangan bawah

“Sering-sering saja ke sini kasih bantuan,” kata Sufiyah.

Dalam kesempatan yang sama salah satu THL petugas kebersihan Sudarjo berharap, bupati serius memperhatikan kesejahteraan THL dengan menaikkan upah. Selama ini ia dan teman-temannya menerima honor Rp65.000 per hari.

“Ya paling tidak setara Upah Minimum Kabupaten (UMK),” harap lelaki yang masuk menjadi THL sejak 2008 ini.

Diungkapkan, honor sebagai THL dalam periode waktu tertentu memang menmgalami kenaikan, hanya saja rentang waktunya cukup lama. Sudarjo bercerita, gaji pertama yang diperoleh Rp18.000 per hari, beberapa tahun kemudian naik menjadi Rp25.000, Rp30.000 hingga sekarang menjadi Rp65.000.

Selain mendapat fasilitas honor rutin, Sudarjo dan THL lain juga berhak atas Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

“Semoga juga diberi fasilitas Alat Pelindung Diri (APD), sebab pekerjaannya setiap hari di TPAS,”pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *