Berdayakan Lansia Untuk Berbagai Program Kegiatan Sosial, Pos Lansia Khusnul Khotimah Ikut Seleksi Lomba

Lansia Di Pacarejo
Lansia Di Pacarejo

Semanu, (kupass.com)–Pos Lansia Husnul Khotimah yang berada di Padukuhan Jetis Kulon, Kalurahan Pacarejo, Kapanewon Semanu menjadi perwakilan mengikuti seleksi lomba Pilar-pilar Sosial Berprestasi tingkat Provinsi DIY. Pos Lansia ini telah berhasil memberdayakan warga masyarakat lanjut usia untuk berbagai program kegiatan sosial.

Hal ini diungkapkan oleh pengola sekaligus pelopor Pos Lansia Husnul Khotimah Ratno Sungkowo. Dia berujar bahwa program-program tersebut antara lain bidang kesehatan seperti olahraga senam pagi dan pos pelayanan kesehatan keliling dengan mendatangi empat padukuhan yang ada di Kalurahan Pancarejo.

“Selain itu juga bidang pertanian dan peternakan yakni layanan kebun gizi, budidaya ikan, dan yang terbaru sedang merintis madu lanceng,”kata Ratno usai kegiatan penilaian yang dilakukan oleh Tim LKS DIY, Kamis (14/07/2022).

Menurut Ratno dalam hal pemberdayaan, para anggota Pos Lansia Husnul Khotimah diberi tanggung jawab untuk merawat dan menjaga kebun gizi dan budidaya ikan. Hasilnya akan dinikmati bersama ketika nantinya panen. Uniknya lagi para lansia juga diajak untuk mengaji bersama rutin setiap hari Jum’at.

Sementara itu Ketua tim LKS DIY Sulistiyo menuturkan bahwa merupakan prestasi membanggakan dapat mewakili daerah untuk maju ke tingkat provinsi dan harapannya bisa maju ke tingkat nasional.

“Melihat simbah-simbah yang masih semangat dan enerjik seperti ini saya terharu dan turut bahagia,”ucapnya.

Wakil Bupati Gunungkidul Heri Susanto mengapresiasi kegiatan dan semangat para lansia itu. Heri menyebut meskipun sudah diusia senja mereka masih dapat produktif dengan sesuai kemampuan.

“Pos Lansia ini dapat direplikasi tidak hanya di Semanu saja tapi di wilayah lainnya,”terangnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.