Ratusan Calon Haji Jamaah Muhammadiyah Asal Gunungkidul Siap Diberangkatkan

Wonosari, (kupass.com)–Sebanyak 257 calon haji jamaah Muhammadiyah asal Gunungkidul siap diberangkatkan. Mereka datang di Taman Budaya Gunungkidul (TBG) Logandeng, Kapanewon Playen untuk berpamitan sekaligus menghadiri acara syawalan, Sabtu (20/5/2023). Dalam kegiatan ini juga digelar acara pembukaan Musyawarah Daerah Muhammadiyah (Musyda).

Ketua Umum Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Gunungkidul, Sadmonodadi mengatakan, jemaah Haji warga Muhammadiyah tahun ini tercatat sebanyak 257 jemaah. Terdiri dari 118 pria dan 139 wanita. Mereka tergabung dalam 3 kloter yang berbeda akan diberangkatkan mulai Tanggal 6 Juni 2023.

“Untuk calon jemaah haji tertua berumur 87 Tahun warga Gelaran, Bejiharjo, Karangmojo. Sementara calon jemaah haji termuda berumur 25 tahun warga Purwosari, Baleharjo,”terangnya.

Sementara untuk agenda syawalan merupakan agenda rutin warga Muhammadiyah yang dimanfaatkan untuk menguatkan silaturahmi, berdoa bersama. Kegiatan ini biasa digelar setelah Idul Fitri. Dalam kegiatan ini diikuti belasan ribu jemaah yang tumpah ruah melebihi target yang ditentukan oleh panitia acara.

“Untuk Musda ke X Muhammadiyah “Aisyiah dan Nasyatul Aisyiah akan kita gelar selama 2 hari. Melalui forum ini akan dipilih Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Gunungkidul, periode 2022 – 2027,”paparnya.

Sementara itu Bupati Gunungkidul, Sunaryanta menyampaikan agar para jamaah bisa menjaga kesehatan serta selalu memperhatikan bimbingan yang sudah diberikan dalam manasik haji dengan sebaik mungkin sebagai bekal dalam pelaksanaan ibadah haji sesuai dengan panduan.

“Sehingga dalam pelaksaanaya seluruh jemaah haji asal Kabupaten Gunungkidul menjadi jamaah haji yang istithoah dan mandiri. Pulang ke kampung halaman dalam keadaan sehat dan menjadi haji yang mabrur,”kata Bupati.

Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri jajaran PP Muhammadiyah Dr Agus Taufikurrahman dan Bakal Calon DPD RI Ahmad Syauqi Soeranto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *