Sepakat Berkoalisi, Tiga Parpol Besar Bertekad Ganti Bupati Gunungkidul

Wonosari, (kupass.com)–Sejumlah 3 parpol (partai politik) di Kabupaten Gunungkidul bersepakat koalisi pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan dilaksanakan pada November 2024 ini. Partai Nasdem, PKS dan Gerindra bertekad ganti Bupati Gunungkidul, tiga parpol ini sepakat mengusung Profesor Sutrisna Wibawa dan Sumanto.

Ketiga parpol ini melakukan penandatanganan nota kesepahaman masing-masing pimpinan tingkat daerah. Berada di kediaman Politisi Nasdem Suharno wilayah Kalurahan Gari, Kapanewon Wonosari, sejumlah pengurus tingkat Daerah hadir dalam kesempatan Rabu malam (05/06/2024).

“Nasdem, Gerindra dan PKS sepakat Berkoalisi dalam Pilkada tahun 2024 ini,”kata Suharno.

Dua nama Profesor Sutrisna Wibawa dan Sumanto sendiri diusung tersebut disepakati merupakan milik semua partai yang berkoalisi. Tiga parpol tersebut menjadi pengusung sementara nantinya jika ada salah satu parpol yang bergabung maka akan berstatus sebagai pendukung.

“Kami melalukan deklarasi karena sudah mempunyai kesamaan visi misi, sama-sama ingin membangun dan membuat Gunungkidul. Menjalin komunikasi dengan partai-partai lain, insyaallah, karena nanti tidak hanya partai ini saja,”imbuhnya.

Anggota DPRD DIY terpilih ini berpendapat bahwa peluang untuk merebut kemenangan dalam Pilkada tahun ini terbuka lebar. Suharno mengkalim bahwa pemilih di Kabupaten Gunungkidul sudah cerdas untuk memilih pemimpin Gunungkidul.

Suharno mengaku bahwa rekomendasi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) masing-masing parpol yang melakukan deklarasi belum turun. Meskipun demikian dia meyakini bahwa koalisi dan nama Paslon yang diusung saat ini tak akan berubah.

“Sudah pleno partai kami, jadi tinggal menunggu waktu,” katanya.

Dikesempatan yang sama Ketua DPC Gerindra Gunungkidul Purwanto mengatakan bahwa kemenangan pada Pilkada Gunungkidul tahun ini terlihat sangat jelas. Proses komunikasi politik sebelum deklarasi tersebut berjalan panjang. Dia pun optimis bahwa akan menang melawan incumbent saat ini yakni Sunaryanta.

Purwanto berujar bahwa instruksi dari Ketua Umum Gerindra, Prabowo menyangkut Pilkada Gunungkidul. Bahwa Gerindra, harus memenangkan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di Gunungkidul. Prabowo juga menghendaki bahwa yang maju sebagai calon datang dari kader Gerindra. Kalaupun tidak, tokoh yang diusung haruslah punya kapabilitas memimpin Gunungkidul.

“Dengan begitu penyelarasan program dari pusat hingga ke daerah akan lebih mudah,”paparnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *