Mantabkan Diri Usung Jago Diluar Kader, Ini Nama-nama Kandidat Golkar DIY Usai Rilis Hasil Survei

Yogyakarta, (kupass.com)–DPD Golkar DIY menempatkan nama Sunaryanta memperoleh survei paling tinggi. Bupati petahana itu memperolah 32 persen dari hasil survei tahap pertama elektabilitas kandidat Kepala Daerah Kabupaten/Kota di DIY pada Pilkada 2024.

Dua nama lainnya yang menguat adalah Heri Susanto 2,3 persen yang merupakan Wakil Bupati Gunungkidul dan Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWPM) DIY Muhammad Arif Darmawan yang memperoleh elektabilitas 1,4 persen.

Ketua DPD Golkar DIY Gandung Pardiman mengungkapkan bahwa survei jajak pendapat yang diumumkan pada bulan Juni ini menggandeng lembaga eksternal partai dan Voxpol Center Research & Consulting itu. Survei ini digelar pada bulan Mei 2024 lalu dengan menyasar nama bakal calon yang telah melakukan pendaftaran ke partai Golkar.

“Ini rangkaian awal dari tiga lapis survei yang digelar sampai bulan September. Setidaknya kami mendapatkan gambaran dari hasil survei pertama ini, siapa kandidat yang mempunyai elektabilitas tinggi,”kata Gandung Pardiman.

Namun demikian meskipun calon yang diusung pada pilkada nantinya bukan dari internal Golkar, menurut Gandung hal tersebut tidak jadi masalah. Survei di Kota Yogyakarta dari tiga kandidat yakni nama anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Afnan Hadikusumo memperoleh 27,1 persen, Ketua DPW PAN DIY dan mantan Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi 20,6 persen dan Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo memperoleh 7,5 persen.

Untuk Kabupaten Sleman, hasil survei Golkar muncul tiga nama paling atas yakni mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sleman Harda Kiswaya memperoleh elektabilitas 5,2 persen, Kepala Desa Condongcatur Reno Candra Sangaji mendapatkan 1,6 persen dan anggota DPRD DIY dari Fraksi Golkar, Nurcholis Suharman 0,2 persen.

Survei Golkar di Kabupaten Bantul menempatkan urutan pertama Bupati Petahana yang juga Ketua DPC PKB Bantul Abdul Halim Muslih 18,9 persen, seorang pengusaha bernama Agus Santoso 0,5 persen dan seorang Advokat bernama Amin Purnomo 0,5 persen.

“Untuk Kabupaten Kulon Progo masih proses mendapatkan hasil sementara elektabilitas dari tiga kandidat. Nama-nama kandidat tersebut yakni Achmad Basuki, Lilik Syaiful Ahmad dan Sapardiyono. Dengan survei ini semakin memantapkan kami, jago Golkar di Kota Yogyakarta adalah Afnan Hadikusumo, Kabupaten Bantul ada Abdul Halim Muslih dan di Kabupaten Gunungkidul ada Sunaryanta,”katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *