Talud Setinggi Lima Meter Longsor, Satu Orang Terluka

Lokasi Longsor
Lokasi Longsor

Purwosari, (kupass.com)–Hujan deras dengan intensitas tinggi yang terjadi di wilayah Kapanewon Purwosari membuat talud rumah milik Kaminem (58) warga Padukuhan Karangtengah, Kalurahan Giricahyo, Kapanewon Purwosari mengalami longsor pada Kamis (30/12/2021). Peristiwa tersebut membuat pemilik rumah mengalami luka karena terkena batu longsoran.

Anggota TRC BPBD Gunungkidul Palimin mengatakan talud setinggi 5 meter dengan panjang 8 meter itu mengalami longsor sekira pukul 11:00 WIB. Kondisi struktur talud yang hanya disambung dengan fondasi permanen membuatnya rapuh dan mengalami longsor saat tergerus air.

“Sebelum kejadian hujan deras sejak pagi mengguyur wilayah setempat. Kondisi dasar talud rumah hanya batu kosong dan diatasnya disambung fondasi permanen sehingga tidak kuat menahan derasnya air hujan,”jelasnya, Jumat (31/12/2021).

Akibat dari peristiwa tersebut korban mengalami luka ringan lantaran saat kejadian sempat terkena batu longsoran.
Tak hanya, Kaminem juga harus menanggung kerugian diperkirakan Rp 10 juta.

“Potensi terjadi longsor susulan yang mengancam bangunan dibawahnya. Proses pembersihan longsor sudah dilaksanakan secara kerja bakti. Kami himbau agar menghindari lokasi rawan longsor saat terjadi hujan,”pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *