Serangan Hewan Buas Buat Resah Warga Purwodadi, BKSDA Berencana Pasang CCTV

Tepus, (kupass.com)–Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) DIY berencana memasang CCTV (kamera pengintai) di wilayah Kalurahan Purwodadi, Kapanewon Tepus. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan jenis hewan buas apa yang memangsa sejumlah ternak milik warga.

Kepala BKSDA DIY Muhammad Wahyudi mengakui bahwa, saat ini pihaknya belum mengetahui secara pasti jenis hewan yang puluhan menyerang ternak kambing milik warga Kalurahan Purwodadi itu. BKSDA sendiri tidak dapat menentukan jenis hewan tersebut berdasarkan hanya dugaan.

“Karena belum ada bukti atau saksi yang secara langsung melihat kejadian, kami tidak berani menduga tanpa ada bukti yang jelas,”bebernya, Jumat (27/08/2021).

Menurutnya memang diperlukan penyelidikan secara khusus untuk mengetahuinya. Rencana pemasangan CCTV disebut Wahyudi masih akan mempertimbangkan sejumlah hal. Sehingga dengan demikian pihaknya belum dapat memastikan kapan waktunya.

“Jika nantinya CCTV yang dipasang berhasil merekam, tentunya segera dapat diketahui, jenis hewan yang menyerang ternak kambing itu.
Kita juga akan lebih mudah dalam penanganannya, termasuk bagaimana untuk mengkondisikan ternak warga agar aman dari serangan hewan liar,”tandasnya.

Terpisah Lurah Purwodadi, Kapanewon Tepus Sagiyanto berujar, untuk mengantisipasi serangan hewan ternak dari binatang buas warga masyarakat kini membawa ternaknya ke lokasi yang lebih aman. Merera membawa pulang kambingnya dan dikandangkan di dekat rumah.

“Kami mendapatkan laporan warga saat malam hari gencar melakukan patroli dan menembak anjing liar,”imbuhnya.

Diketahui sebelumnya, belasan hewan ternak jenis kambing milik warga Kalurahan Purwodadi mati misterius. Hewan ternak tersebut mengalami sejumlah luka gigitan. Warga menduga kambing – kambing mereka serang binatang buas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *