Sempat Menghebohkan Warga, Buaya Muara di Sungai Oya Berhasil Ditangkap

Playen, (kupass.com)–Sempat menghebohkan warga dan viral di media sosial, seekor buaya yang terlihat di kawasan sungai Oya beberapa hari lalu berhasil ditangkap. Hewan jenis reptil itu ditangkap oleh tim gabungan Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA).

Kepala Konservasi 1 BKSDA Yogyakarta, Untung Suripto mengakui bahwa buaya muara yang memiliki panjang 1,5 meter itu adalah milik BKSDA. Sebelumnya buaya lepas lantaran lokasi penampungan meluap usai hujan deras.

“Ada sembilan ekor yang masih dirawat. Buaya-buaya ini adalah hasil sitaan yang sudah inkrah namun masih menunggu proses pengembalian di habitat aslinya,”terangnya.

Untung menambahkan bahwa terlepasnya buaya itu bermula pada tanggal 23 Maret lalu terjadi hujan intensitas tinggi. Saat itu lokasi penampungan buaya meluap hingga satu ekor diketahui lepas pada keesokan harinya.

“Upaya pencarian dilakukan pada 31 Maret dimana saat itu warga sekitar melihat buaya berjemur di pinggir sungai Oya,”katanya.

Petugas BKSDA lantas melakukan penyisiran hingga akhirnya berhasil ditangkap pada Senin (03/04/2023). Penangkapan sendiri diketahui berada sekitar 4 kilometer dari tempat penampungan.

“Saat ini sudah dikembalikan ke penangkaran,”pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *