Resmi Beroperasi, Tiga Armada Bus Sekolah Diluncurkan Bupati

  • Bagikan
Tiga Armada Bus Sekolah Diluncurkan Bupati
Tiga Armada Bus Sekolah Diluncurkan Bupati

Wonosari, (kupass.com)–Sejumlah 3 armada Minibus diluncurkan Bupati Gunungkidul untuk program Bus Sekolah. Bertempat di halaman Kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Gunungkidul, program ini disebut untuk mengurangi kepadatan arus lalu lintas pada jam sekolah dan keselamatan pelajar di jalan raya.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dishub Kabupaten Gunungkidul Rahmadian Wijayanto. Dia mengatakan bahwa sejumlah 3 armada Minibus itu hasil hibah (bantuan) dari Kementrian Perhubungan Républik Indonesia. Uji coba pengoperasian Bus Sekolah ini telah dilakukan dengan rute Wonosari-Semanu pergi-pulang (PP).

“Uji coba berhasil karena kursi yang berkapasitas 22 orang selalu terisi penuh,”

Rahmadian Wijayanto Kamis (31/03/2022)

Usai peluncuran, Rahmadian bakal segera koordinasi dengan Organisasi Angkutan Daerah (Organda) Gunungkidul. Hal ini dilakukan untuk menggandeng paguyuban angkutan agar terlibat dalam program tersebut.

“Rutenya akan kami petakan bersama Organda untuk program bus sekolah ini. Pelajat bisa memanfaatkan armada ini secara gratis. Karena biaya operasional sepenuhnya akan ditalangi oleh anggaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab),”imbuhnya.

Baca Juga:  Pasien Positif Corona di Gunungkidul Tambah Puluhan Orang, Satu Meninggal Dunia

Sementara itu untuk armada milik pengelola angkutan lanjut Rahmadian, sistemnya berbayar berkoordinasi dengan pelajar langsung atau komite sekolah. Tarif yang ditetapkan sebesar Rp 3 ribu atau Rp 6 ribu PP.

“Kami akan memperluas rute bus sekolahnya dengan sistem zonasi di setiap Kapanewon”.

Rahmadian

Dikesempatan yang sama Bupati Gunungkidul Sunaryanta mengaku bahwa program Bus Sekolah memang belum dapat menjangkau wilayah Gunungkidul. Hal ini terjadi karena fasilitas dan anggaran yang masih terbatas. Rencana kedepan Bupati bakal memperluas jangkauan operasional dan menambah armada Bus Sekolah ini.

“Dengan menggandeng para pemilik angkutan sehingga nantinya bisa dimanfaatkan secara optimal agar tidak mangkrak”.

Sunaryanta
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.