Puluhan Anggota Paskibraka Gunungkidul Terpapar Corona Usai Melaksanakan Upacara HUT RI Ke 76

  • Bagikan
IMG 20210819 WA0007
IMG 20210819 WA0007

Wonosari, (kupass.com)–Sejumlah puluhan anggota Paskibraka Kabupaten Gunungkidul terpapar Covid-19 usai melaksanakan upacara HUT RI ke 76. Hal ini disampaikan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disdikpora Gunungkidul Ali Ridlo.

Ali berujar bahwa, awal mulanya terdapat sejumlah 4 anggota sakit panas pada Selasa (17/08/2021) malam. Saat itu mereka usai melaksanakan upacara penurunan bendera pada sore harinya.

“Setelah dibawa ke rumah sakit dan dilakukan pemeriksaan mereka dinyatakan positif. Setelah itu kemudian dilakukan penelusuran dimana hasilnya ada sebanyak 16 orang lainnya juga positif,”kata Ali Ridlo, Kamis (19/08/2021).

Dia menambahkan bahwa 4 anggota paskibraka yang sebelumnya dinyatakan positif saat ini telah dirawat di Rumah Sakit. Sementara itu sejumlah 16 anggota lainnya sudah menjalani isolasi mandiri di rumahnya masing-masing.

“Mereka dipantau langsung oleh petugas medis,”katanya.

Baca Juga:  Patah As di Tikungan Tajam, Truk Muatan Pasir Jadi Sebab Arus Lalin Tersendat

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul Dewi Irawaty menyatakan telah melakukan pemeriksaan sesuai prosedur kepada para anggota paskibraka tersebut. Dewi berujar bahwa prosedur pemeriksaan tersebut dilakukan dengan cara Swab Antigen. Mereka kemudian dianjurkan untuk menjalani karantina selama 2 Minggu sampai hari H bertugas.

“Kami sebelumnya diminta menjalankan prosedur pemeriksaan Covid-19 dan sudah dijalankan,”tutur Dewi.

Selama menjalani karantina anggota Paskibraka itu sebelumnya tidak diperbolehkan keluar. Namun demikian Dewi menduga bahwa mereka terpapar dari orang lain yang berada diluar. Pihak luar yang dimaksud Dewi adalah pelatih dan pendamping anggota Paskibraka.

“Secara pasti bagaimana dan asal penularannya dari mana kami tidak mengetahui. Karena selama karantina, semua di bawah pengawasan Dikpora Gunungkidul.
Sementara kami hanya menjalankan prosedur pemeriksaan itu untuk memastikan kondisinya,”pangkasnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *