IMG 20210514 WA0031

Pesan Makanan Menu Ikan Untuk Makan Bersama, Ratusan Santri Al Istisom Keracunan

Playen, (kupass.com)–Ratusan santri putri Pondok Pesantren Al Istisom yang berada di Kalurahan Banaran Kapanewon Playen mengalami keracunan. Para santri tersebut keracunan setelah memesan makanan serba ikan di wilayah Kapanewon Ponjong untuk berbuka puasa pada Rabu malam (12/05/2021).

Ratusan santri yang mengalami keracunan tersebut akhirnya dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan.

Kapolsek Playen AKP Hajar Wahyudi menjelaskan bahwa, peristiwa tersebut karena baru dilaporkan menjelang sholat Jumat (14/05/2021). Mendapatkan laporan, Polisi kemudian berkoordinasi dengan pihak Puskesmas Playen 1 dan Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul.

“Kami langsung menuju ke lokasi kejadian dan mengambil sampel sisa makanan untuk kita kirim ke laboratorium,”ujar Hajar Wahyudi.

Kapolsek menambahkan peristiwa tersebut terjadi saat pihak pondok pesantren memesan makanan untuk buka puasa pada malam Idul Fitri. Mereka memesan makanan di sebuah rumah makan di wilayah Kapanewon Ponjong.

Baca Juga:  Anev Situasi Kamtibmas Polres Gunungkidul, Jumlah Kasus Perzinahan Dan UUPA Mengalami Kenaikan

“Mereka memesan makanan sejumlah 480 porsi nasi box berisi ikan nila bakar, sambel dan lalapan untuk santri dan keluarga Ustadz.
Semua nasi box telah dimakan sebagai santapan buka puasa terakhir di pondok pesantren itu. Setelah makan itu tidak ada gejala apapun. Santri biasa menggelar acara takbir,”imbuhnya.

Namun Kamis siang (13/05/2021) usai mengikuti sholat id para santri mulai merasakan gejala sakit pada perut mereka. Sebagian merasakan kram perut, mual, muntah dan diare. Para santri tersebut kemudian dilarikan ke sejumlah rumah sakit untuk mendapatkan perawatan.

“Dilarikan ke RS PKU wonosari, RS Nur Rohmah dan RSUD Wonosari. Total ada 160 santri yang mengalami keracunan. Tidak ada korban jiwa namun 1 orang santri masih opname. Kami tetap selidiki kasus ini, sampel sudah dikirim,”terangnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *