Pabrik Penyulingan Kayu Putih Dilalap Si Jago Merah

Playen, (kupass.com)–Pabrik penyulingan kayu putih yang berada di wilayah Kalurahan Gading, Kapanewon Playen dilalap Si Jago Merah, Senin (03/06/2024). Tidak ada korban jiwa, namun kerugian akibat peristiwa tersebut diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah.

Ketua Tim Reaksi Cepat BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Gunungkidul Ahmad Riyadi menuturkan bahwa, peristiwa kebakaran tersebut diperkirakan terjadi sekitar pukul 03.45 WIB. Kejadian bermula saat petugas penyulingan di wilayah tersebut melihat api yang menyala dari tempat penyulingan.

Banyaknya material yang ada di lokasi dan bahan minyak kayu putih membuat api begitu cepat menyala. Mendapatkan informasi tersebut petugas gabungan Damkar dan BPBD kemudian ke lokasi untuk memadamkan api.

Karena api membesar, petugas meminta bantuan dari Damkar maupun BPBD dari Kabupaten Bantul untuk membantu proses pemadaman.

“Petugas juga menerjunkan dua alat berat ekskavator untuk membantu proses pemadaman. Total ada 5 mobil pemadam, 3 truk Tanki air dan 2 alat berat yang terlibat dalam proses pemadaman,”terangnya.

Petugas belum bisa memastikan penyebab kebakaran tersebut, namun diduga peristiwa kebakaran berasal dari limbah kayu yang belum sepenuhnya padam. Hal ini membuat api menyambar bahan kayu yang tak jauh dari titik api.

“Tidak ada korban jiwa namun peristiwa ini diperkirakan menimbulkan kerugian mencapai puluhan juta rupiah. Kami himbau kepada warga masyarakat untuk berhati-hati apalagi saat ini masuk musim kemarau rawan kebakaran,”tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *