IMG 20200914 125054

Layang – layang Tersangkut Kabel SUTET, Aliran Listrik Di Gunungkidul Nyaris Padam Total

Karangmojo, (kupass.com)–Gara – gara sebuah layang – layang aliran listrik di Kabupaten Gunungkidul nyaris padam total. Layang – layang tersebut tersangkut kabel jaringan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) setelah dimainkan oleh salah satu warga Padukuhan Grogol 4, Kalurahan Bejiharjo, Kepanewon Karangmojo.

Lokasi gangguan SUTET gara - gara layangan

Lokasi gangguan SUTET gara – gara layangan

Peristiwa tersebut membuat geger warga setempat dikira sebuah ledakan bom karena meledak dengan sangat keras sebanyak dua kali.

Suwargito warga setempat yang kebetulan merupakan saksi mata mengungkapkan bahwa, kejadian tersebut berlangsung pada pukul 10.00 WIB. Layang – layang yang dimainkan oleh warga setempat itu tersangkut di kabel SUTET hingga terjadi ledakan yang membuat warga panik berhamburan keluar dari rumah.

Baca Juga:  Tertimpa Ranting Pohon Saat Berkendara, Nyawa Harun Tak Tertolong

“Warga tersebut sudah berkali – kali diingatkan agar tidak bermain layang – layang didekat tower SUTET. Bahkan sudah dipasang benner himbauan didekat rrumanya itu tapi tetap saja tidak dihiraukan,”kata Suwargito.

Sementat itu Koordinator Gardu Induk Semanu Sunyoto yang berada dilokasi kejadian menjelaskan, beruntung kabel di dua arus SUTET tidak mengalami kerusakan. Hanya satu dari dua kabel arus tersebut yang mengalami gangguan, sehingga tidak menyebabkan gangguan di gardu induk Mijahan Semanu.

“Kalau kedua arus terganggu bisa jadi arus listrik se Gunungkidul padam, karena saluran SUTET yang berada disini merupakan penyuplai ke gardu induk. Mendapatkan laporan tersebut kami bersama tim langsung memperbaikinya, “katanya.

637 views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *