Images (46)

Gempa Berkekuatan 4,7 SR Guncang Gunungkidul, Tidak Berpotensi Tsunami

Wonosari, (kupass.com)–
Peristiwa Gempa tektonik berkekuatan Magnitude 4,7 SR mengguncang wilayah Kabupaten Gunungkidul, Bantul dan Yogyakarta, Kamis malam (24/09/2020). Walaupun sempat menggerkan warga masyarakat, gempa tersebut tidak berpotensi terjadi Tsunami.

Dilansir dari hasil analisis Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika menunjukkan gempabumi berkekuatan M=4.7. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 8.789 LS dan 110.88590 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 72 km barat daya Kabupaten Pacitan – Jawa Timur pada kedalaman 24 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng Indo Australia.
Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi menimbulkan Tsunami.

Baca Juga:  Toyota Kijang Hangus Terbakar Di SPBU Sambi Pitu

Gempabumi Susulan terjadi hingga pukul 20.42 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan terdapat aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

85 views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *