Gempa Berkekuatan 4.8 SR Guncang Pacitan, Terasa Sampai Gunungkidul

  • Bagikan
Gempa Bumi
Gempa Bumi

Wonosari, (kupass.com)–
Gempa Bumi berkekuatan 4,8 Skala Richter menggunjang perairan selatan pulau Jawa tepatnya di Kabupaten Pacitan Jawa Timur, Rabu (13/10/2021). Gempa yang terjadi sekira pukul 12.00 itu terasa sampai wilayah Kabupaten Gunungkidul.

Belum ada laporan kerusakan maupun korban dalam peristiwa ini. Hasil analisis BMKG dalam informasi pendahuluan menunjukkan gempabumi ini memiliki magnitudo M 4.8. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 8,87 LS dan 110,97 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 78 km arah Barat daya Pacitan Jawa Timud lada kedalaman 55 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah Lempeng Eurasia di Samudra Hindia, Selatan Jawa.

Baca Juga:  Tabrakan di Gunungkunir, Warga Bansari Dilarikan ke Rumah Sakit

Guncangan gempa bumi ini dirasakan di Kabupaten Pacitan dan Treggalek Provinsi Jawa Timur, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah dan Kabupaten Gunungkidul Jawa Tengah.

Sementara itu, Kepala BPBD Gunungkidul, Edy Basuki berujar, belum ada laporan kerusakan. Menurutnya warga masyarakat Kabupaten Gunungkidul yang mengalami kerusakan akibat gempa bumi dapat melaporkan ke BPBD melalui surat atau kepada Pemerintah Kalurahan setempat.

“Kami menyediakan bantuan disesuaikan dengan kerusakan dan permimtaan,”kata Edy.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *