Pelajar Jenjang SMP Gunungkidul Dipersiapkan Ikut Kompetisi Cerdas Cermat Museum Kebudayaan Tingkat Nasional

  • Bagikan
IMG 20210422 WA0031
IMG 20210422 WA0031

Wonosari, (kupass.com)–Sejumlah siswa pada jenjang SMP/MTs telah dipersiapkan oleh Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul untuk mengikuti cerdas cermat tentang Museum dan Kebudayaan. Mereka digadang – gadang menembus kompetisi tersebut hingga tingkat Nasional.

Diungkapkan oleh Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul Agus Kamtono bahwa, saat ini dia telah melakukan penyisihan seleksi peserta yang bakal mengikuti perlombaan tersebut pada tingkat Kabupaten.

“Saat ini Dinas masih melakukan proses seleksi sehingga nantinya mendapatkan kebutuhan sesuai kompetisi,”kata Agus, Kamis (22/04/2021).

Menurut Agus, selama ini para peserta yang mengukuti perlombaan cerdas cermat hanya mampu meraih prestasi pada tingkat Provinsi.
Melihat pengalaman sebelumnya, Disbud saat ini telah melakukan persiapan matang agar peserta dari Gunungkidul mampu menang di tingkat Provinsi bahkan Nasional.

Baca Juga:  Peningkatan Kesadaran Minat Baca, Sejumlah Sekolah di Songbanyu Dapat Bantuan Puluhan Juta

“Pembekalan menggandeng Badan Musyawarah Museum (Barahmus) DIY. Mereka diminta membantu melakukan proses seleksi pesertanya. Pembekalan juga kami lakukan terus – menerus, baik pesertanya maupun guru pendamping,”terangnya.

Terpisah Kepala Bidang Sejarah, Bahasa, dan Sastra Dinas Kebudayaan Gunungkidul Sigit Pramudyanto membeberkan, saat ini terdapat sejumlah 77 peserta yang dilakukan penjaringan. Peserta sudah mengikuti tahap penyisihan pada 6 – 7 April yang lalu.

“Sudah didapatkan sebanyak 5 peserta final tingkat Kabupaten,”imbuhnya.

Diketahui bahwa lomba tingkat Provinsi bakal dilaksanakan pasca hari raya Idul Fitri. Sementara tingkat nasional rencananya akan dilaksanakan pada bulan Juli hingga Agustus mendatang.
Dia berharap lomba rutin ini dapat diikuti setiap sekolah.

“Regenerasi dilakukan supaya dapat menjaring peserta yang ideal untuk maju dalam perlombaan ini, “tuturnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *