Wujudkan WBK dan WBBM, Mabes Polri Nilai Sejumlah Program Inovasi Polres Gunungkidul

Penilaian WBK WBBM
Penilaian WBK WBBM

Wonosari, (kupass.com)–Tim Internal Mabes Polri melakukan penilaian pembangunan Zona Integritas Menuju WBK (Wilayah Bebas Korupsi) dan WBBK (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani) di Polres Gunungkidul, Jumat (24/06/2022). Penilaian ini tidak lain untuk mewujudkan Birokrasi yang efektif, efisien dan melayani masyarakat
secara cepat, tepat, profesional dan bersih dari praktek KKN (Korupsi Kolusi dan Nepotisme).

Wakapolres Gunungkidul Kompol Widya Mustikaningrum mengatakan bahwa, terdapat sejumlah program inovasi yang sudah dilaksanakan oleh Polres Gunungkidul dalam rangka membangun Zona Integritas menuju WBK. Widya menjelaskan terdapat beberapa strategi dimana jajaran Polres sendiri berkomitmen dan konsisten mewujudkan hal tersebut.

“Jajaran kami telah berinovasi mencanangkan kegiatan yang dinamai Pelayanan Lansia (Pelan) dari Satuan Binmas. Ini dilakukan karena di Gunungkidul sendiri banyak terjadi kasus Gantung diri dimana pelakunya adalah orang yang sudah lanjut usia,”terang Wakapolres, Sabtu (25/06/2022).

Giat pelan sendiri dilakukan oleh Polres dengan cara menyambangi dan memberikan bantuan sosial kepada warga masyarakat Gunungkidul khususnya yang lansia dan hidup dibawah garis kemiskinan. Kegiatan ini rutin dilakukan sebagai upaya pencegahan aksi bunuh diri dengan cara gantung diri.

“Inovasi kegiatan lainnya yakni SKCK Dilan (pelayanan khusus difabel dan usia lanjut) dari Sat Intelkam, membuat laporan kehilangan secara online dari SPKT dan pelayanan Saturdaynight (pelayanan SIM di malam Minggu) dari Satlantas,”terangnya.

Tak hanya itu, inovasi lain yang dicanangkan jajaran Polres adalah Jumat Barokah dari Bagian Sumda, memberikan beras bagi masyarakat (Si Giras) dari Sat Binmas dan Bestol atau besuk tahanan online program dari Satuan Tahti. Wakapolres meyakini bahwa inovasi ini bakal masuk kriteria dalam penilaian sehingga nantinya akan dibawa ke Menpan mewakili wilayah (Polda DIY).

“Intinya kami mohon dukungan warga masyarakat Gunungkidul agar kedepan lebih semangat dan profesional dalam melayani,”terangnya.

Ketua Tim Penilai Internal Polri Kombes Pol Nurul Azizah dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa, kegiatan penilaian pencapaian predikat WBK dan WBBM merupakan salah satu program untuk mereformasi Polri agar menjadi lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Nurul menilai bahwa paparan yang disampaikan oleh Polres Gunungkidul sangat baik.

“Dalam pemaparan sudah lengkap, dan sudah ada gambaran mudah-mudahan tim dibentuk sesuai dengan paparanya serta bukti dukung yang lengkap juga. Saya sangat senang bahwa disini ada pelayanan mall publik artinya kita sudah sudah bersinergi dengan baik,”terangnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.