Vaksinasi Kolaborasi BIN dan Dinkes Sisir Wilayah Perbatasan

  • Bagikan
Vaksinasi Kolaborasi BIN Dan Dinkes
Vaksinasi Kolaborasi BIN Dan Dinkes

Semin, (kupass.com)–Setelah melakukan kajian data vaksinasi di wilayah yang masih rendah, Badan Intelijen Negara (BIN) DIY terus bergerak melakukan penyisiran di beberapa Kapanewon di Kabupaten Gunungkidul. Hasil penyisiran data, wilayah perbatasan sisi utara seperti Kapanewon Patuk dan Semin serta pesisir selatan seperti Saptosari dan Tepus, menjadi sasaran utama vaksinasi masal.

Bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul, sejumlah Kapanewon seperti Patuk dan Semin menjadi prioritas penyisiran di pada Minggu ini. Sekitar 2000 sasaran ditetapkan di kedua wilayah perbatasan wilayah utara.

“Sejak Senin hingga hari ini, kami melakukan penyisiran di Kapanewon Patuk Khusus wilayah perbukitan ini, target tidak banyak. Hanya 200 sampai 250 sasaran karena faktor medan geografis. Tapi untuk Semin dan Patuk 2 Sabtu besok target 2000 harus didapat”, kata perwakilan BIN DIY Eko Susilo ditemui saat pelaksanaan vaksinasi di Puskesmas Patuk 1, Kamis (09/12/2021).

Penyisiran di Kapanewon Patuk, dilakukan sebanyak tiga kali di akhir tahun. Pertama dengan menggandeng obyek wisata Heha Sky View, kerjasama dengan Puskesmas Patuk, dan rencana terakhir menggerakkan pengelola sektor wisata.

“Hari ini bekerjasama dengan Puskesmas 1. Minggu depan kita dengan wilayah Puskesmas Patuk 2 dan rencana melibatkan seluruh Pamong Kalurahan, Kader Kesehatan maupun KB, hingga pengelola pengelola wisata alam di Patuk,”katanya.

Baca Juga:  Didatangi Petugas, Acara Hajatan Warga Batal Dilaksanakan

Menurut Eko, vaksinasi ini minimal menyasar sebanyak 1000 warga masyarakat di wilayah teraebut.
Dari laporan data Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul sendiri pada tanggal 06 Desember 2021, dari total 595.145 orang yang menjadi sasaran vaksinasi sekitar 490 lebih atau 82,80 persen yang tervaksin Dosis pertama.

“Kapanewon Patuk sendirimasih kurang dari 70 persen. Dengan penyisiran yang dilakukan, harapannya bisa mendekati tingkat rerata kapanewon di seluruh wilayah Kabupaten Gunungkidul,”pungkasnya.

Dikesempatan yang sama Kepala Puskesmas Patuk 1 Emilia Arum Pratiwi mengapresiasi langkah BIN dalam mensukseskan dan mengejar target vaksinasi masal di wilayahnya. Emilia mengakui bahwa capaian target vaksinasi di Puskesms Patuk 1 di 6 Kalurahan berada diangka 70 persen.

“Masih ada 30 persen yang kami capai untuk mencapai 100 persen. Dengan bantuan mobilitas warga oleh BIN kami harapkan dalam hal koordinsi dengan Kapanewon, Kalurahan dan Padukuhan dapat berlanjut dalam kerjasama mensukseskan vaksinasi masal sehingga terbentuk Herd Imunity,”tandasnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *