Terjadi Perlambatan, Vaksinasi Kolaborasi Luncurkan Gerakan Sasar Sisir

  • Bagikan
Gerakan Sasar Sisir Vaksinasi
Gerakan Sasar Sisir Vaksinasi

Wonosari, (kupass.com)–Lantaran terjadi perlambatan dalam kegiatan percepatan vaksinasi, Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul bekerjasama dengan Badan Intelijen Negara (BIN) DIY meluncurkan gerakan sasar sisir untuk memobilisasi warga masyarakat yang belum tersasar.

Kepala Dinkes Kabupaten Gunungkidul Dewi Irawaty menjelaskan, saat ini terjadi perlambatan dalam percepatan vaksinasi masal. Dia menyebut saat ini target vaksinasi masal masih stagnan di angka 80 persen.

“Upayanya kita dibantu oleh BIN DIY pada bulan Desember ini,”kata Dewi ditemui pada kegiatan pelaksanaan vaksinasi masal di Kantor Dinkes, Jumat (10/12/2021).

Menurut Dewi sejumlah Kapanewon yang masih rendah capaian vaksinasinya yakni Patuk, Semanu, Tepus dan Saptosari. Selain terkendala kondisi geografis, pihak Dinkes juga terkendala mobilisasi warga masyarakat.

“BIN membantu kita dalam kegiatan mobilisasi warga masyarakat yang tersebar di sejumlah titik Kapanewon. Sentra vaksinasi kita dekatkan ke Kalurahan dan Kapanewon,”terangnya.

Sementara itu perwakilan BIN DIY menggagas vaksinasi masal sasar sisir. Gerakan tersebut dilakukan lantaran upaya vaksinasi rutin yang digelar di seluruh Puskesmas dirasa kurang maksimal dalam mengejar keterlambatan capaian vaksinasi yang ada.

“Sejak seminggu lalu, BIN merekomendasikan Dinkes menggelar vaksinasi rutin di 30 Puskesmas yang ada. Ada yang hanya melaksanakan setiap Jumat, ada yang dua kali seminggu. Bahkan ada yang menggelar Senin sampai Jumat. Namun hasil pantauan kami, hasilnya masih jauh. Maka kita kejar dengan gerakan (Sasar Sisir) ini,”jelas Eko.

Baca Juga:  Budidaya Lebah Madu Diminati Warga Luar Gunungkidul, Lima Belas Hari Beromzet Jutaan Rupiah

Dalam pantauan BIN DIY, gelaran vaksinasi rutin di 30 Puskesmas seluruh Gunungkidul tersebut, setidaknya selama seminggu berlalu, hanya menambah capaian vaksinasi di kisaran 0,4 persen.

“Dalam pantauan kami penambahan di Puskesmas variatif. Ada yang bisa nambah hingga 50 sasaran sehari. Tapi juga ada yang hanya 8 sasaran. Jika pada akhir November capaian di angka 82,60 persen, kemarin masih di angka 83,04 persen,”terangnya

Dalam rangka mempercepat penambahan capaian vaksinasi tersebut, telah diagendakan jadwal vaksinasi massal dalam sepekan kedepan. Hari ini launching di Dinkes, besok rencana di kapanewon Semin, tanggal 14 Desember di Patuk, 15 di Saptosari, 16 di Tepus, 17 di Bangsal Sewokoprojo, dan 18 di Karangmojo.

“Dengan adanya gerakan “Pekan Sasar Sisir Warga Yang Belum Vaksin”, BIN berharap capaian vaksinasi Gunungkidul minimal nembus angka 90 persen. Syukur bisa mendekati 100 persen,”pungkasnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *