Sub Penyalur BBM Diresmikan Bupati, Penuhi Kebutuhan Nelayan Pelabuhan Sadeng

  • Bagikan
IMG 20210323 105427
IMG 20210323 105427

Girisubo, (kupass.com)–Bupati H.Sunaryanta meresmikan Sub penyaluran BBM Pertamina milik BUMDes Sejahtera Kalurahan Pucung, Kapanewon Girisubo, Selasa (23/03/2021). Dengan adanya Sub penyaluran BBM Pertamina ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan bahan bakar para nelayan yang beroperasi mencari ikan di perairan pantai Sadeng.

Kepala Penyalur Hilir Migas dan Gas Bumi BP Migas Saryono Hadiwijoyo menjelaskan bahwa, keberadaan penyalur Sub BBM pertamina ini telah sesuai dengan undang – undang yang telah diamanatkan pemerintah. Dimana Pemerintah wajib menyediakan BBM di seluruh Indonesia dan menjamin kelancaran distribusinya.

“Penyediaan dan pendistribusian BBM tertentu dan khusus ini berada pada wilayah yang belum terdapat penyalur. BUMDes Sejahtera ink dapat di jadikan sebagai penyemangat yang masuk dalam progtam nawacita,”katanya.

Penyerahan Jerigen Secara Simbolis
Penyerahan Jerigen Secara Simbolis

Saryono berujar BPA Migas yang memiliki more 4 telah bekerjasama dengan Pertamina Jateng dan DIY untuk mengawal dengan aman sehingga tidak terjadi kelangkaan atau keterlambatan BBM. Dia mengajak kepada masyarakat untuk mengikuti pengawasan penyalur untuk menjamin ketersediaan BBM agar berjalan dengan baik khusunya bagi para nelayan.

“Terbangunaya penyalur ini dapat memberikan manfaat yang optimal kepada masyarakat. Selain itu dapat memacu pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Gunungkidul,”katanya.

Baca Juga:  Bupati Didesak Segera Mengatasi Fenomena Gelandangan Dan Pengemis Yang Mewabah di Gunungkidul

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Gunungkidul Krisna Berlian menuturkan, keberadaan Sub Penyalur BBM menjadi sangat penting. Hal ini telah lama diharapkan oleh masyarakat khususnya para nelayan dalam pemenuhan kebutuhan BBM. Ketersediaan BBM untuk nelayan baik yang di sediakan di pemerintahan maupun non pemerintahan menjadi sarana penting dalam operasional para nelayan.

“Ini menjadi komponen penting kebutuhan nelayan. Permasalahan penyediaan BBM yang jadi masalah sampai saat ini karena faktor jarak yang jauh dengan lokasi penyedia BMM, sehingga jika membeli sendiri maka kurang efisein serta terbenturnya aturan yang ada,”kata Krisna.

Lurah Pucung, Kapanewon Girisubo Estu Dwiyono memaparkan, dengan adanya Sub Penyalur BBM ini akan mempermudaj nelayan dalam mencari bahan bakar. BUMDes Sejahtera milik Kalurahan Pucung diberi kouta sebanyak 15 ribu liter premium.

“Di Kalurahan Pucung terdapat sebanyak 15 nelayan yang tercatat memiliki kapal Sekoci,”kata Estu.

Bupati Gunungkidul H. Sunaryanta dalam sambutanya mengucapkan terimakasih kepada PT Pertamina yang telah berperan dalam kemudahan penyediaan BBM melalui BUMDes Sejahtera. Menurutnya hal ini akan berdampak positif sehinga dapat mewujudkan kesejahteraan warga masyarakat.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *