Stok Habis Untuk Pekan Ini, Gunungkidul Menunggu Pasokan Vaksin Dari Dinkes DIY

  • Bagikan
Images (45)
Images (45)

Wonosari, (kupass.com)–
Stok vaksin di Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul telah habis untuk pelaksanaan pekan ini. Dinkes sementara bakal melakukan penundaan pelaksanaan vaksinasi hingga menunggu pasokan dari Dinkes DIY.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Gunungkidul, Sumitro mengatakan bahwa stok vaksin sebenarnya sudah habis. Vaksin yang ada saat ini sudah alokasinya untuk pelaksanaan penyuntikan untuk pekan ini.

“Untuk pekan depan belum tahu bagaimana,”ujar Sumitro, Kamis (05/08/2021).

Dia menambahkan bahwa jenis vaksin astrazeneca dan sinovac habis adalah vaksin untuk dosis I. Sementara itu untuk vaksin dosis kedua menurut Sumitro masih aman dan bisa digunakan untuk vaksinasi. Dinas Kesehatan menunda pelaksanaan vaksinasi untuk pekan depan dan seterusnya.

Baca Juga:  MPP Diresmikan Bupati, Warga Masyarakat Dapat Pelayanan Dari Pemda Di Terminal Dhaksinarga

“Kami menunggu kiriman vaksin dari jumlah yang sebelumnya telah mereka ajukan. Kami berharap agar vaksin tersebut segera ada,”ucapnya.

Terpisah Kepala Seksi Survailance dan Imunisasi Dinkes Gunungkidul, Niken Widyawati membeberkan dua jenis vaksin yaitu astrazeneca dan sinovac stoknya sudah kosong. Dampaknya vaksin untuk pelajar atau untuk usia 12 hingga 18 tahun masih sangat minim dilaksanakan.
Menurutbya, vaksinasi pelajar memang hanya akan menggunakan jenis sinovac.

“Karena vaksin jenis sinovac dianggap lebih aman di mana efek sampingnya lebih cocok untuk pelajar,”katanya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *