Ratusan Warga Masyarakat Gunungkidul Dapat Bantuan RTLH Dari Pemerintah

Playen, (kupass.com)–Bupati Gunungkidul Sunaryanta meresmikan Rumah Layak Huni hasil Kolaborasi Bantuan Stimulan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Kabupaten Gunungkidul secara simbolis di Daerah Ngleri, Kapanewon Playen, Selasa, (29/8/2023).

“Secara umum, Gunungkidul masih sangat membutuhkan dan masih banyak yang belum terintervensi, saat ini yang terdaftar mencapai 17.381 yang menjadi tugas dan PR baik Pemerintah daerah maupun Pusat,” ucap Bupati.

Bupati pun juga atas nama Pemerintah dan masyarakat penerima mengucapkan banyak terimakasih kepada Pemerintah Pusat atas pembangunan rumah tidak layak huni,

“Ada 347 RTLH yang kita intervensi dan 577 BSPS yang sudah diselesaikan,” kata orang nomor satu di Gunungkidul tersebut.

Salahudin, Kepala Balai Penyedia Perumahan Bagian Jawa III menjelaskan untuk bantuan bersumber dari dua sumber yakni dari APBD dengan bantuan RTLH (Rumah Tidak Layak Huni) dan dari APBN dengan bantuan BSPS (Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya).

“Jadi setiap penerima bantuan menerima sejumlah uang Rp 20 juta rupiah, dengan rincian Rp 17,5 juta untuk material dan Rp 2,5 juta untuk pembayaran tukang,”papar Salahudin.

Dia juga menambahkan untuk jumlah penerima dalam setiap tahun pun tidak selalu sama dan bervariatif, namun yang pasti sejak tahun 2015 hingga sekarang Pemerintah Pusat telah memberikan bantuan BSPS dengan total mencapai 6.184 penerima BSPS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *